Sukses


Ini Alasan Memilih Apartemen Jadi Hunian

Mengapa harus memilih apartemen dibanding rumah tapak sebagai hunian pertama? Cek empat alasan berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang bingung memilih antara apartemen atau rumah tapak untuk menjadi hunian pertama?. Jawabannya mungkin tergantung kepada kebutuhan masing-masing individu.

Beberapa orang yang tinggal di perkotaan lebih banyak memilih hunian vertikal karena dianggap lebih mudah diakses dari lokasi aktivitas seperti pusat bisnis dan komersial.

Akan tetapi di sisi lain, ada yang menganggap bahwa tinggal di apartemen hanya cocok bagi mereka yang workaholic atau individualis.

Di tengah perdebatan tersebut, pertumbuhan apartemen terus berkembang cepat bak jamur di musim hujan.

Tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung saja, namun kini penyebarannya mulai merata di sejumlah emerging cities seperti Bodetabek, Solo, Makassar, Semarang dan sebagainya.

Dengan ragam konsep dan penawaran harga yang bervariasi, Anda tinggal memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya, faktor apa saja yang menjadi keunggulan apartemen agar dipilih si pembeli hunian pertama? Artikel berikut ini dinukil dari Domain.com.au dan Rumah.com, Rabu (2/3/2016):

Apartemen membuat biaya hidup lebih terjangkau

Jika Anda berniat mencari hunian yang dekat dengan kantor, maka apartemen adalah pilihan hunian pertama yang paling hemat biaya.

Faktanya, harga rumah tapak yang semakin melangit di beberapa pusat kota, contohnya di Jakarta Pusat yang mencapai Rp 40 juta per meter persegi.

Sementara itu, beberapa apartemen baru di areal Jakarta masih ada yang membanderol harga terjangkau. Sebagai contoh Titanium Square, Sentra Timur Residence, dan Green Pramuka City. Ketiga apartemen tersebut menawarkan harga jual mulai dari Rp 500 jutaan.

Biaya perawatannya rendah

Tinggal di apartemen, Anda tidak harus melakukan perawatan hunian yang banyak. Seperti contoh memotong rumput, membersihkan selokan depan rumah, atau kegiatan beres-beres jika tinggal di rumah tapak.

Meskipun nilai investasi rumah Anda bisa meningkat dalam beberapa tahun, namun hal ini sesuai dengan biaya perawatan yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Di sisi lain, bila tinggal di apartemen Anda tinggal fokus melakukan perawatan di area interior dan balkon saja. Dengan waktu yang lebih longgar tanpa harus merawat bangunan, Anda bisa menghabiskan waktu di akhir pekan bersama keluarga atau menyelesaikan pekerjaan.

Renovasi sedikit untuk hasil maksimal

Ketika membeli properti untuk pertama kali, biasanya modelnya tidak persis seperti yang Anda bayangkan. Nah jika tinggal di apartemen, Anda bisa melakukan renovasi dengan bujet yang lebih sedikit.

Dengan luas bangunan yang terbatas, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup membeli sebuah karpet atau seperangkat sofa berukuran sedang untuk menjadikan hunian Anda terasa lebih nyaman.

Potensi investasi yang menjanjikan

Hunian pertama tak selalu menjadi tempat tinggal yang ideal dalam jangka waktu lama. Ketika Anda sudah memiliki tabungan yang cukup dan kebutuhan hunian yang baru, tidak ada salahnya untuk menjual hunian lama.

Dengan memilih apartemen sebagai hunian pertama, selain biaya perawatannya yang murah, properti ini juga mudah dijual atau disewakan dengan cepat.

Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari apartemen yang pas untuk menjadi hunian pertama, coba cek ragam pilihan apartemen baru yang ada di  Rumah.com.(Isnaini/Nrm)

Foto: Domain.com.au

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini