Sukses

4 Tips Beli Barang Elektronik Secara Online

Liputan6.com, Jakarta - Diakui atau tidak saat ini teknologi internet telah merasuk dalam kehidupan masyarakat global. Hal ini didukung dengan perkembangan gadget yang semakin memiliki banyak varian dengan harga yang terjangkau.

Keberadaan internet seolah telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Bahkan tak sedikit yang seolah ‘tak bisa hidup’ tanpa internet.

Sejauhmana internet mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia? Tak bisa dipungkiri bahwa internet memang memberikan manfaat bagi kehidupan, misalnya informasi, komunikasi, bahkan dalam kegiatan ekonomi. Internet memunculkan metode transaksi jual beli baru, yang disebut dengan jual beli online.

Berbelanja secara online memang memberikan keuntungan tersendiri. Misalnya Anda tidak perlu terjebak macet, berpanas-panas atau kehujanan, mengeluarkan ongkos untuk transportasi, juga mengantri panjang di kasir yang menuntut kesabaran. Anda bisa membeli barang yang dibutuhkan atau diinginkan tanpa batasan tempat dan waktu.

Di balik kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, belanja online juga memiliki kelemahan. Satu yang pasti Anda tak bisa memilih dan mengecek kondisi fisik barang. Selain itu, jual beli online tidak selalu aman.

Tak semua toko online yang menyemarakkan jagat maya benar-benar riil dan kredibel. Kelemahan ini sering kali menjadi celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Meski berisiko penipuan, namun perlu diketahui bahwa tidak semua toko online adalah penipu. Jadi, tidak perlu khawatir untuk membeli barang kebutuhan secara online. Ada banyak jenis barang yang dijual secara online, mulai dari pakaian hingga elektronik.

Secara umum mekanisme jual beli online untuk setiap jenis barang tidaklah berbeda. Khusus untuk pembelian barang elektronik, Anda harus jeli agar tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Bagaimana caranya? Berikut tips aman membeli barang elektronik secara online dilansir dari Cermati.com, Kamis (3/3/2016):

1. Survei toko online

Seperti halnya jual beli offline, sebelum memutuskan untuk membeli barang elektronik yang dibutuhkan atau diinginkan, lakukanlah survei terlebih dulu.

Kunjungi beberapa toko online terpercaya yang menjual barang-barang elektronik. Dengan survei, Anda bisa membandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lain.

Untuk itu, ketikkan nama dan merek barang elektronik yang diinginkan pada kotak pencarian guna mendapatkan daftar situs toko online yang menjual barang tersebut.

1 dari 2 halaman

Spesifikasi

2. Perhatikan spesifikasi barang dengan jelas

Pembelian barang secara online memang tidak bisa melihat dan review mengecek kondisi barang secara fisik.

Sebagai gantinya, penjual memberikan informasi sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya mengenai spesifikasi barang agar pembeli memiliki gambaran jelas tentang barang yang dijual.

Spesifikasi barang mencakup nama barang beserta serinya, ukuran, warna, fitur, singkat, dan tentu saja harganya.

Untuk mendukung informasi tentang spesifikasi barang, penjual sebaiknya juga menampilkan foto dari barang, sehingga dapat meyakinkan dan menarik minat pembeli.

3. Periksa status toko online

Tak semua toko online merupakan grosir atau retail yang benar-benar memiliki stok barang yang ditawarkan di website-nya.

Ada beberapa yang merupakan toko online berstatus afiliasi, di mana ia menjalin kerja sama dengan vendor lain yang lebih besar. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa status toko online terkait.

Telusuri perusahaan yang menjalin kerja sama. Jika memang bekerjasama dengan perusahaan elektronik besar dan terpercaya, maka toko online tersebut memang kredibel untuk menjalankan jual beli barang elektronik secara online.

4. Pilih toko online yang bersedia memberikan garansi

Setiap toko online memiliki peraturan tersendiri dalam memberikan pelayanan kepada konsumen atau pelanggannya. Berkenaan dengan hal tersebut, Anda harus jeli dalam membaca peraturan terkait dengan jual beli di toko online itu.

Pilihlah toko online yang memberikan garansi pergantian jika barang elektronik yang dikirimkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditampilkan di dalam toko online terkait.

Selain itu, pilih juga toko online yang memiliki kebijakan pembebasan ongkos kirim apabila terjadi pengembalian barang.

Buat Traksaksi Online Anda Lebih Aman

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa berbelanja dengan aman. Anda bisa mendapatkan barang elektronik yang diinginkan dengan harga terbaik tanpa dibayangi rasa takut menjadi korban penipuan online.

Memang, terkadang kita pun juga tidak akan bisa begitu saja lepas dari ancaman para pelaku penipuan online. Tapi paling tidak dengan mengikuti saran di atas, transaksi Anda akan lebih terjamin. (Ndw/Gdn)

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Tambah Pundi-Pundi dengan Berjualan Online di Lima Situs Ini