Sukses

Sudah 8 Kali, Duo Saudara Ini Jadi Orang Terkaya RI

Mereka mampu bertengger di posisi 141 dan 146 di daftar orang terkaya dunia dan nomor satu di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Daftar orang terkaya dunia baru saja dirilis majalah asal Amerika Serikat (AS), Forbes. Beberapa miliarder Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

Dua bersaudara Budi Hartono dan Michael Hartono masih menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia.

Seperti mengutip Forbes, Kamis (3/3/2016), mereka mampu bertengger di posisi 141 dan 146 di daftar orang terkaya dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 16 miliar atau setara dengan Rp 213 triliun (Kurs dollar Rp 13.333).

Ini merupakan kedelapan kalinya, duo bersaudara ini menjawarai daftar orang terkaya Indonesia. Keduanya sukses menjalankan bisnis di sektor industri rokok dan perbankan.

Budi dan Michael adalah pemegang saham terbesar di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia itu. Mereka mengepakkan sayap bisnis di sektor perkebunan kelapa sawit, dan bisnis properti.

Perusahaan rokok yang kini menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di dunia adalah warisan dari sang ayah, Oei Wie Gwan. Gwan mendirikan perusahaan Djarum pada 1951 di Kudus, Jawa Tengah, dengan hanya 10 pekerja.

Bisnisnya kian berkembang hingga Gwan meninggal pada 1963 dan mewariskan perusahaannya kepada Michael dan Budi.

Djarum semakin berkembang dan menjadi perusahaan rokok yang sangat besar saat ini. Djarum yang diambil dari nama jarum dengan ejaan lama, kini punya 60 ribu orang karyawan.(vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini