Sukses


Intip Contoh Model Tirai untuk Jendela Dapur

Mau mendekorasi dapur? Jangan lupakan kehadiran jendela yang bisa dipercantik dengan tirai bermotif.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah baru bergaya modern maupun minimalis yang bermunculan saat ini biasanya dilengkapi jendela kecil pada dapur.

Tujuannya, untuk mengoptimalkan pasokan sinar matahari dan menyegarkan dapur dari bau tak sedap. Penempatan jendela pada dapur mutlak diperlukan, sebab proses memasak yang mengeluarkan asap yang bisa mengganggu pernafasan.

Namun sayangnya, jendela pada dapur seolah luput dari sentuhan estetika. Padahal hanya dengan sehelai tirai, nuansa dapur bisa tampil berbeda dan menawan.

Syaratnya, pilih tirai bermotif cantik plus warna yang senada dengan cat dinding dapur. Inilah contoh tirai yang bisa Anda pasang di jendela dapur, seperti ditulis Rumah.com, Minggu (6/3/2016)

Sekilas, motif tirai ini mirip dengan corak batik yang umum di Indonesia. Tips untuk Anda, jika nuansa dapur didominasi warna putih, maka pemilihan warna dan motif tirai bisa disesuaikan dengan selera pribadi.

Selain mampu menghias dapur, tirai juga berfungsi untuk menyaring sinar matahari serta melindungi perabot dan bahan makanan dari sinar UV. (Sumber: hgtv.com)

Motif yang lebih simpel dengan warna kain cerah cocok dipadukan dengan tampilan dapur yang kalem. Apalagi jika Anda mengaplikasikan warna cokelat pada bingkai jendela kayu dan krem pada dinding dapur. Tak pelak, kesan yang tercipta adalah hangat namun lembut. (Sumber: hgtv.com)

Kotak-kotak hitam-putih pada tirai juga layak dipasang sebagai pemanis jendela dapur. Agar tak terlalu polos, Anda bisa menambah kain berpola berbeda seperti bunga-bunga kecil pada sisi bawah tirai.

Proses menyambungnya pun cukup mudah, hanya membutuhkan kelihaian jari jemari saja. Tirai yang cara kerjanya digeser ini, bisa dipadukan dengan dapur bergaya apa saja. (Sumber: pinterest.com)

Siapa bilang konsep kafe atau restoran tak bisa dituang pada dapur? Lewat tirai kanopi ini, dapur Anda akan nampak seperti kedai makanan yang menawarkan aneka hidangan lezat. Bila Anda penyuka gaya vintage, maka corak garis-garis warna gelap bisa menjadi pilihan. (Sumber: houzz.com)

Tak hanya kain, tirai berbahan bambu (krey) juga dapat digunakan sebagai penutup jendela dapur Anda. Namun perlu diperhatikan dari segi perawatannya. Jangan sampai timbul jamur akibat malas membersihkan. (Sumber: centsationalgirl.com)

Vitrase bermotif juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti tirai. Hanya saja, bahannya yang tipis tidak mampu menghalau sinar matahari secara maksimal. Vitrase dapat menahan akses visual orang luar ke dalam dapur sehingga privasi penghuni tetap terjaga. (Sumber: ikuzocurtain.com)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini