Sukses

Tak Ingin Liburan Berantakan? Perhatikan Hal Ini

Ada sejumlah hal sepele yang dapat membuat liburan Anda berantakan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita merencanakan liburan, bisanya kita membayangkan hal-hal seru yang akan terjadi. Mulai dari tempat wisata keren, pemandangan indah, makanan enak, dan orang-orang lokal yang ramah. Karenanya, segala hal pun dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Akan tetapi, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Perjalanan liburan menyenangkan yang dibayangkan dan dipersiapkan sejak jauh hari, malah menjadi liburan yang ingin segera diakhiri.

Mungkin, karena beberapa hal sepele inilah liburan Anda akhirnya bisa berantakan, seperti dikutip dari www.cekaja.com, seperti ditulis Minggu (6/3/2016):

1. Dapat Teman Perjalanan Nyusahin

Teman baik selama sekolah belum tentu jadi teman baik seperjalanan. Sahabatmu belum tentu satu visi denganmu dalam urusan jalan-jalan.

Dia mungkin lebih suka menginap di hotel sedangkan Anda lebih memilih hostel karena alasan menghemat biaya dan ingin bertemu traveler lain. Dia bisa saja lebih suka naik taksi karena tidak ingin ribet sedangkan Anda tertantang naik angkutan umum.

Masalah sepele ini selain bisa menghancurkan liburanmu juga bisa menghancurkan persahabatan. Sebelum memutuskan traveling bersama, coba gali kesukaan masing-masing.

Kemudian putuskan gaya traveling apa yang dipilih, backpacker atau koper? Kalau perjalanan kalian sukses, tentu akan jadi momen yang tak terlupakan bersama sahabatmu.

2. Tempat Tujuan Tak Seperti yang Dibayangkan

Ekspektasi tinggi adalah alasan utama seseorang kecewa. Adalah hal wajar punya ekspektasi tinggi terhadap destinasi yang akan dikunjungi.

Banyak orang bahkan harus menabung bertahun-tahun demi traveling ke destinasi impian. Namun jika kenyataan ternyata tidak seindah banyangan, jangan sampai hal ini mengacaukan liburan.
Paris misalnya. Banyak orang membayangkan Paris sebagai kota romantis, elegan, dan bergaya.

Akan tetapi kenyataannya, di sana banyak pengemis, sampah, dan pencopet. Tidak ada kota yang sempurna. Pengalaman bagus orang lain belum tentu terjadi padamu. Tapi akankah Anda membiarkan ekspektasi menghancurkan liburan?

(Baca juga: 10 Kondisi yang Bisa Terjadi Saat Lakukan Perjalanan Liburan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Kekurangan Uang

Kekurangan uang adalah mimpi buruk bagi setiap traveler. Katakanlah Anda terlalu kalap belanja sehingga lupa menyisihkan ongkos dari penginapan ke bandara.

Atau meskipun sudah melakukan survei harga lewat internet sebelumnya, ternyata kenyataan di lapangan berkata lain.

Harga-harga di tempat tujuan jauh lebih mahal dari budget perkiraan. Kalau sudah begini, Anda harus melakukan penghematan atau batal ke tempat-tempat wisata yang sudah direncanakan.

4. Cuaca Buruk

Setiap orang punya definisi berbeda tentang cuaca buruk. Ada yang tidak suka cuaca panas, ada yang kecewa sudah jauh-jauh ke negara musim dingin tapi tidak melihat salju, tapi kebanyakan orang akan mengeluh jika hujan turun apalagi disertai angin kencang.

Cuaca adalah faktor yang tidak bisa Anda kontrol. Yang Anda bisa Anda lakukan adalah mengontrol reaksimu saat ini terjadi. (Baca juga: Tips Mengepak Ransel untuk Traveling Jangka Panjang)

5. Sakit Saat Liburan

Liburan seharusnya jadi ajang bersenang-senang. Akan tetapi, bagaimana kalau selama liburan Anda justru sakit dan hanya bisa terbaring lemah di hotel. Itu kalau sekadar flu, tapi kalau sampai harus dirawat di rumah sakit, pastinya Anda malah ingin cepat-cepat pulang daripada dirawat di tempat asing.

Untuk mengantisipasi penyakit ringan seperti flu, batuk, sakit kepala, atau diare, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi. Akan tetapi untuk mengantisipasi penyakit berat yang mengharuskan opname, Anda wajib membekali diri dengan asuransi perjalanan.

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.