Sukses

Menteri Yuddy Undang PNS Daerah Berguru di Kementerian PAN-RB

Program intensif seperti studi banding bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman tata kelola pemerintahan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menerima pegawai magang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Provinsi Papua Barat. Sebanyak 18 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dibimbing di setiap Kedeputian di Kementerian PAN-RB.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, Kementerian PAN-RB membuka program intensif seperti studi banding bagi pemerintah-pemerintah daerah mulai tahun ini agar mereka mengirimkan aparatur sipilnya dalam rangka meningkatkan pemahaman tata kelola pemerintahan yang baik.

"Hari ini (kemarin) dari Papua Barat, provinsi yang paling jauh," kata Yuddy dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2016).

Ia menuturkan, pihaknya juga akan melakukan jemput bola dengan mengundang para pejabat daerah untuk melakukan studi banding seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat ini. Daerah tersebut akan mendapatkan capacity building yang baik. Pada 2016 ini untuk Papua dan wilayah Indonesia Timur.

"Kalau nanti tidak ada daerah yang mengambil inisiatif, kita akan undang dan tawarkan. Kalau program ini memiliki manfaat yang besar dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintahan setempat pasti banyak juga yang akan belajar, ini sesuatu yang langka," kata Yuddy.

 

Yuddy menjelaskan, program magang ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri PAN-RB pada 2015 lalu di Provinsi Papua Barat. Ia menuturkan, pada tahun lalu nilai laporan akuntabilitas kinerja Provinsi Papua Barat jauh di bawah rata-rata.

Yuddy mengatakan, di Papua Barat nilai LAKIP-nya tidak setinggi wilayah-wilayah lain. Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB ingin mereka memiliki satu pemahaman yang sama agar dapat meningkatkan kinerjanya.

Untuk itu, Kementerian PAN-RB memberikan kesempatan bagi para aparatur sipil yang berasal dari provinsi-provinsi di Papua untuk secara bergantian melakukan program magang secara intensif di Kementerian PAN-RB.

"Nanti kalau Pemda Papua merasa sudah cukup, kita akan mengundang provinsi-provinsi yang tata kelola pemerintahannya perlu diperbaiki seperti di Aceh atau wilayah Indonesia Timur lainnya. sehingga apa yang diharapkan oleh Bapak Presiden, agar tata kelola pemerintahan kita memililki standar nasional yang sama dan implementasi yang sama bisa dicapai dalam waktu kurang dari 3 tahun ke depan," kata Yuddy.

ASN Provinsi Papua Barat ini berasal dari berbagai unit kerja dan berbagai latar belakang keilmuan. Mereka akan disebar ke empat kedeputian, agar mereka paham bagaimana mendorong tata kelola pemerintahan berjalan yang baik, bagaimana mengelola keuangan yang baik, bagaimana merencanakan program-program pembangunan serta penganggarannya.

Selain itu agar para pegawai juga tahu bagaimana melakukan pengawasan internal sehingga sebuah sistem kerja pemerintah berada pada rel yang benar.

Sekda Provinsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan mengatakan, para peserta akan mengikuti program magang selama tiga bulan. Mereka merupakan pegawai yang lulus seleksi tertulis dan wawancara. Mereka kebanyakan berasal dari Sekretariat Daerah, seperti Biro Hukum, Biro Organisasi dan Biro Pembangunan.

Dia berharap tahun depan bisa diteruskan program ini. Selain sosialisasi melalui Bimtek, dengan pola langsung bekerja juga itu lebih mengena.

"Jadi program ini dipastikan di tahun depan akan dilakukan dengan jumlah pegawai yang bisa bertambah seperti untuk kabupaten dan kota. Tapi target utama kami di provinsi dulu agar provinsi bisa lebih siap untuk melayani kabupaten," kata Mandacan.

Mandacan berharap dengan magang atau belajar di instansi pusat maka ada nilai-nilai baru, pandangan baru, dan pola pikir baru bagi ASN Provinsi Papua Barat, khususnya untuk pelayanan pada masyarakat, sehingga ada sesuatu baru yang diperoleh pegawai. Ia menuturkan, selama ini hanya mental lokal yang dimiliki pegawai.

Dia berharap, setelah magang pengetahuan mereka bisa bertambah, dan setelah kembali akan dilakukan evaluasi apa yang mereka dapatkan dan diterapkan. "Mereka juga akan kita bentuk tim kerja untuk meningkatkan LAKIP," kata Mandacan. (Yas/Ahm)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini