Sukses

3 Trik Hadapi Orang yang Tak Rasional dalam Bisnis

Ketika Anda mampu mengakrabkan diri dengan kolega, maka kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menghadapi dunia bisnis maka Anda akan mengenal banyak orang dengan sifat yang bermacam-macam. Beberapa memiliki karakter yang ambisius, sementara ada yang harus dimotivasi terlebih dahulu.

Ketika Anda mampu mengakrabkan diri dengan kolega, maka kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih mudah akan terbuka.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki sifat yang masuk akal. Mengutip dari Frosbes, Senin (14/3/2016), terdapat ulasan untuk menghadapinya.

1. Bersikap Empati

Penting bagi Anda untuk menyadari bahwa setiap orang, bahkan Anda sendiri, bisa bersikap tidak rasional dan menyebalkan. Banyak faktor yang mendasarinya, misalnya masalah pribadi, stres, dan pengaruh dari luar bisa mempengaruhi sikap Anda tersebut.

Dengan bersikap empati, maka Anda akan bisa saling mengerti perasaan satu sama lain dan menenangkan lawan bicara Anda maupun Anda sendiri.

2. Identifikasi pemicunya

Sangat mudah melabeli orang lain dengan julukan yang negatif. Namun kebiasaan tersebut sangat tidak baik dan akan memicu emosi satu sama lain. Oleh karena itu, Anda bisa memulai mendekatinya dengan mencari pemicu yang membuat seseorang menjadi tidak rasional.

Apabila julukan tersebut ditujukan pada Anda, maka Anda harus coba evaluasi diri Anda. Dengan memperbaiki diri, perlahan Anda akan membangun kepercayaan orang lain.

3. Jangan melawan dan buat koneksi

Kesalahan terbesar ketika meladeni orang yang tidak masuk akal adalah melawannya. Melawan dan bersikeras menunjukkan bahwa Anda benar hanya akan memperkeruh suasana.

Jangan melawan balik, bahkan ketika Anda mengetahui bahwa dia salah. Sebaliknya, bangun koneksi yang baik dengannya. Walaupun Anda tidak akan menang dalam situasi tersebut, namun Anda akan belajar menjadi pribadi yang kuat. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini