Sukses


Membuat Galeri Foto di Rumah

Dengan penataan yang simetris dan apik, sebuah galeri foto dapat memberikan aksen dekoratif yang sangat kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki banyak foto keluarga di rumah dan bingung untuk tempat yang tepat memajangnya, pilih salah satu area dinding di rumah Anda untuk dijadikan galeri foto.

Dengan penataan yang simetris dan apik, sebuah galeri foto dapat memberikan aksen dekoratif yang sangat kuat. Dikutip dari Rumah.com, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti ditulis Minggu (13/3/2016):

Temukan Inspirasi yang Tepat

Pertama yang harus dilakukan adalah menemukan inspirasi yang tepat. Apakah mungkin Anda menyukai penataan foto yang rapi dalam satu garis lurus, atau mungkin Anda lebih menyukai penataan yang tidak beraturan.

Apakah Anda hanya ingin memajang foto atau mungkin Anda ingin menggabungkannya dengan beberapa lukisan? Bingkai foto dengan satu, dua warna atau mungkin beragam?

Jangan batasi diri Anda dalam berkreasi. Temukan gaya yang paling sesuai untuk rumah dan karakter Anda.

Membuat Rancangan

Setelah Anda selesai menentukan desain layout bingkai foto, kini Anda dapat mencoba menata di lantai rumah. Penataan dimulai dengan bingkai foto yang besar yang menjadi center piece kemudian tata bingkai foto yang lain.

Agar tidak kesulitan dalam mengatur komposisinya, simpan foto galeri yang menginspirasi di dalam smart phone Anda. Anda bisa mencoba menata dalam beberapa alternatif, dengan mengambil gambar bingkai foto yang sudah ditata, bandingkan dan pilih mana yang terbaik.

Beberapa website juga menyediakan template layout pengaturan bingkai foto untuk mempermudah. Anda bisa langsung mencetaknya dari komputer dan mulai mengatur bingkai foto menggunakan template tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Membuat Mock-Up

Selanjutnya, untuk memastikan komposisi Anda sudah terlihat baik dan tinggi yang diinginkan sudah sesuai. Gunakan kertas di dinding untuk mendapatkan susunan yang benar bagi bingkai foto Anda.

Yakinkan diri Anda, apakah letak bingkai foto ini sudah berada di jarak yang benar dengan perabotan, apakah tingginya sudah sesuai, apakah komposisi bingkai foto sudah tepat?

Siapkan Bingkai Foto

Jika Anda belum memasukkan semua foto atau lukisan ke dalam bingkai, kini saat untuk memasukkan semua bingkai sebelum mulai mengaturnya di dinding Anda. Pastikan bingkai dan foto yang tersedia sesuai dengan komposisi yang sudah Anda atur sebelumnya.

Tandai Tempat untuk Memasang Paku

Kini saatnya untuk memaku di dinding. Dengan layout kertas yang sudah ditempelkan sebelumnya, pastikan paku Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk menggantung bingkai foto.

Mulai Menata Bingkai Foto

Pastikan semua paku sudah terpaku aman dan mampu menahan beban bingkai. Anda bisa memastikan keamanannya dengan menambahkan bahan velcro atau double tape di belakang bingkai agar tidak terjatuh apabila terkena angin atau dinding yang bergetar ketika ada pintu yang tidak sengaja terbanting.

Selamat menikmati galeri foto Anda!

(Mita Agustina/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.