Sukses

Zhou Qunfei, Bekas Peternak yang Sukses Jadi Wanita Terkaya Dunia

Sulit menemukan wanita terkaya dunia yang berhasil dari hasil usahanya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit menemukan wanita terkaya dunia yang berhasil dari hasil usahanya sendiri. Dari 190 perempuan, hanya 33 orang yang mampu melakukan hal itu. Zhou Qunfei adalah salah satunya.

Seperti ditulis The Guardian, Senin (14/3/2016), Zhou berada di peringkat 205 orang terkaya dunia versi Forbes, dengan kekayaan US$ 5,9 miliar. atau setara Rp 76,6 triliun (kurs: Rp 12.985 per dolar AS).

Ia mendirikan perusahaan yang membuat layar sentuh berkualitas tinggi bernama Lens Technology. Klien terbesarnya adalah Apple dan Samsung.


Zhou jarang tampil di muka publik. Ia besar di sebuah desa kecil di Hunan, Tiongkok. Ibunya meninggal ketika Zhou berusia lima tahun. Sementara ayahnya lumpuh akibat kecelakaan di pabrik.

Ia membantu keluarganya dengan beternak babi dan bebek, sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Shenzhen untuk bekerja di pabrik pembuatan lensa pada 1993.

Situasinya tidak membaik kala itu karena ia bekerja dalam kondisi pabrik yang buruk. Setelah mendapat promosi, ia berhasil mengumpulkan uang sebanyak US$ 3.000 yang digunakan untuk membuka toko kaca jam bersama saudara-saudaranya.

Wanita kelahiran 1970 itu lalu bertekad membangun bisnisnya sendiri. Ia membuat lensa dengan kualitas baik, hingga muncullah Lens yang sekarang mempekerjakan 75 ribu karyawan. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini