Sukses

Ini Cara Mengetahui Jam Rolex Asli atau Palsu

Kalau Anda mengoleksi jam tangan untuk jangka panjang, maka merek terbaik adalah Rolex.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli jam tangan mewah ternyata bukan investasi yang baik. Seperti dikutip dari Money, Kamis (17/3/2016), harga jam tangan kelas atas justru cenderung turun seiring berjalannya waktu.

Jika Anda mengoleksi jam tangan untuk jangka panjang, maka merek terbaik adalah Rolex. Tapi ada satu hal buruk dari jam ini, yaitu barang palsunya banyak.

"Jam tangan palsu Rolex lebih banyak dari semua barang palsu yang ada di dunia," kata pendiri situs Hodinkee, Benjamin Clymer. Bahkan angka itu bisa dikalikan 100 jika menghitung pula Rolex yang telah dimodifikasi setelah meninggalkan pabrik.

Jam tangan baru Rolex tidak bakal memberikan banyak masalah untuk Anda, asalkan dibeli di butik resmi. Tapi harganya yang selangit pasti jadi pertimbangan Anda.

"Yang banyak orang tidak tahu adalah ada beberapa jam palsuRolex yang benar-benar baikkualitasnya," kataPaulAltieri dari toko penyediaRolex asli,Bob'sWatches.

Terkadang Altieri harus memeriksa jam Rolex yang datang ke tokonya dengan mikroskop karena sulit sekali menentukan barang itu asli atau palsu. "Ada yang palsu tapi sangat bagus kualitasnya seharga US$ 350 sampai US$ 500," ujarnya.

Pernah ada konsumen yang datang ke Bob's Watches ingin menjual Rolex yang telah dimilikinya selama 25 tahun. Konsumen itu membelinya seharga US$ 25 ribu. "Ternyata itu palsu dan membuatnya sangat sakit hati," kata Altieri.

Jadi, bagaimana caranya supaya tidak membeli yang palsu? Pastikan Anda membeli di toko yang ada fisiknya, punya rekam jejak bagus, dan bisa dihubungi sewaktu-waktu. Hal ini berlaku pula untuk jam Rolex yang sudah pernah digunakan.

Lalu, Anda harus tahu dengan pasti seperti apa Rolex yang diinginkan. Memastikan nomor seri termasuk hal penting lainnya dan hal ini bisa dilihat dengan kaca pembesar yang biasa dipakai penjual jam tangan.

Nah, ini yang bias petunjuk penting apakah jam yang Anda beli asli atau palsu. Nomor seri Rolex palsu ada yang terbentuk dari serangkaian titik-titik kecil. Bagian belakang yang bersih atau diukir merupakan tanda Rolex ini palsu dan murahan.

Kemudian, lihat jarum penunjuknya apakah berada di garis yang tepat. Jam Rolex bekerja tanpa baterai tapi roda gigi sehingga jarum jamnya tidak bergerak per detik tapi seperti empat sampai enam kali per detik.

Terakhir, lihat apakah konstruksinya bagus, tulisannya jelas, dan lensa pembesar penunjuk tanggal dapat dilihat  dengan baik. Satu yang pasti, jam Rolex pasti punya presisi mutlak.

Kalau semua itu terlihat sulit, Anda bisa ke Google Images dan membandingkan semuanya. Bahkan gambar dari situs itu ada yang menampilkan nomor seri jam Rolex. (Elsa Analet/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.