Sukses

Jamkrindo Beri Penjaminan untuk KTA Bank Mandiri

Portofolio KTA Bank Mandiri pada akhir 2015 berada pada kisaran Rp 14,1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo)  untuk meningkatkan kualitas kredit khususnya untuk kredit tanpa agunan (KTA). Dalam kerja sama ini, Jamkrindo akan memberikan jaminan kepada KTA yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Penandatanganan perjanjian kerja sama penjaminan tersebut diwakili oleh Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi dan Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Hery Gunardi menjelaskan, kerja sama dengan Jamkrindo ini sejalan dengan strategi perseroan untuk dapat mendorong pertumbuhan bisnis retail secara berkualitas dan sehat. Khusus diKTA, Bank Mandiri berharap dapat membukukan pertumbuhan bisnis sebesar 22 persen pada tahun ini.

“Sebagai salah satu pemain terkemuka di industri penjaminan, Jamkrindo akan dapat memberikan skema perlindungan yang menguntungkan perseroan dan nasabah KTA sehingga nasabah tidak ragu-ragu terus memanfaatkan Mandiri KTA,” tutur Hery.

Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri juga yakin bahwa kedua perusahaan akan dapat memperoleh manfaat yang signifikan pada perkembangan bisnis masing-masing.

Adapun portofolio KTA Bank Mandiri pada akhir 2015 berada pada kisaran Rp 14,1 triliun, tumbuh 19 persen dari tahun sebelumnya, dengan rasio non performing loan (NPL) terjaga rendah di kisaran 0,67 persen.

Bakti Prasetyo menambahkan, kerja sama ini bukan menjadi yang pertama kali, kedua perusahaan telah menjalin kemitraan yang cukup lama. Menurutnya, dengan disahkannya Undang-Undang penjaminan, maka peran dan fungsi lembaga penjaminan akan semakin lebih luas, selah satu buktinya adalah kerjasama kedua perusahaan.

"Kerja sama ini bertujuan lebih meningkatkan kinerja masing-masing pemangku kepentingan baik peningkatan realisasi kredit/pembiayaan oleh Bank Mandiri sekaligus meningkatkan volume penjaminan oleh Perum Jamkrindo," papar dia.

Sebelumnya, Perum Jamkrindo juga telah memberikan penjaminan program KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) Bank Mandiri, dimana perseroan telah menyalurkan pembiayaan KPR FLPP kepada 2.600 rekening senilai Rp 210 miliar hingga akhir 2015.‎ (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.