Sukses

5 Cara Cepat Dapat Modal Buat Bisnis

Sulit rasanya untuk memulai sebuah bisnis apabila tidak memiliki dukungan finansial yang cukup.

Liputan6.com, Jakarta - Mampu memulai sebuah usaha merupakan impian banyak orang. Namun banyak dari mereka yang terhambat karena masalah permodalan. Sulit rasanya untuk memulai sebuah bisnis apabila tidak memiliki dukungan finansial yang cukup.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir. Ternyata ada banyak alternatif yang bisa Anda pakai untuk mampu mendapatkan modal yang diperlukan. Melansir Forbes, Minggu (19/3/2016) berikut ulasannya:

Pinjam dari bank

Bank adalah tempat yang paling sering dituju orang yang membutuhkan modal usaha. Apabila Anda ingin meminjam uang dari bank, Anda dapat mencoba memanfaatkan program pinjaman dengan bunga atau tanpa anggunan

Pakai uang tabungan

Anda tidak suka berhutang ke bank karena merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi? Anda bisa memakai tabungan untuk dijadikan modal usaha. Cara ini jauh lebih aman karena tidak berisiko berhutang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waralaba

Waralaba

Sistem franchise ini maksudnya usaha kerja sama antara pihak pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati dan pemilik usaha akan menyediakan semua fasilitas dan modal yang kemudian akan dijalankan oleh pelaku usaha.

Sistem ini tidak mengeluarkan modal yang banyak bagi Anda sang pelaku usaha. Tetapi Anda harus memilih brand franchise yang sudah terkenal sehingga kemungkinan untung lebih besar.

Menjual aset

Bila Anda memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan, kenapa tidak dijual untu digunakan sebagai modal usaha? Bila usaha Anda berhasil, Anda bisa membeli aset yang telah dijual tadi dengan yang lebih bagus dan lebih banyak.

Pinjam dari teman atau saudara

Cara lain adalah mencoba mendapatkan pinjaman pada orang-orang dekat Anda misalnya pada teman, saudara, mertua, sepupu dan lain-lain.

Pinjaman dari mereka mungkin tidak banyak seperti Anda meminjam di bank, tetapi pinjaman itu biasanya bebas bunga. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini