Sukses

7 Kesalahan Pengelolaan Uang yang Sering Tak Disadari Orang

keahlian Anda mengatur keuangan juga satu hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi kaya

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering merasa kekurangan uang dan sulit mengatur kondisi finansial yang dimiliki? Kalau ya, berarti bisa jadi Anda masih salah dalam mengelola keuangan.

Banyak orang bermimpi untuk menjadi kaya, namun hanya segelintir dari mereka yang mampu mewujudkannya. Kekayaan yang berlimpah ternyata tidak bersumber dari kerja keras saja, keahlian Anda mengatur keuangan juga satu hal yang perlu diperhatikan.

Banyak dari kita yang tidak sadar bahwa apa yang dilakukan sehari-hari sering berdampak buruk bagi kondisi finansial.

Melansir CNNMoney, Senin (21/3/2016), berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Tidak tahu kapan harus ajukan pinjaman uang

Banyak orang yang sering memilih pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Padahal, utang merupakan salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi finansial Anda. Banyak penelitian mengungkap bahwa orang lebih senang untuk menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Tidak jujur masalah keuangan

Banyak pasangan yang menyembunyikan masalah keuangan pada pasangannya. Padahal, survey yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkap bahwa kasus perceraian terbesar diakibatkan karena masalah keuangan.

Tidak ajarkan anak keuangan

Banyak orang tua yang seringkali tidak mengajarkan ilmu mengatur keuangan pada anak. Alhasil anak pun tidak paham terhadap uang yang dimilikinya dan cenderung boros dalam membeli barang-barang tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tidak membuat anggaran

Anggaran keuangan penting agar Anda mampu memetakan berapa besaran uang yang seharusnya dipakai. Tidak membuat anggaran keuangan sama saja hanya akan mengacaukan kondisi finansial Anda.

Tidak menyiapkan dana darurat

Anda tidak akan tahu akan apa yang dapat terjadi terhadap diri Anda nanti. Banyak orang hanya fokus untuk membuat strategi finansial yang tepat, dan lupa untuk menyiapkan dana darurat.

Siap akan dana darurat berarti Anda siap untuk menghadapi kondisi finansial yang dapat terjadi nantinya.

Memilih membeli barang dengan kartu kredit

Banyak orang yang memilih kredit sebagai solusi untuk membeli barang yang mahal. Membeli dengan kredit sama saja akan membuat Anda terlilit hutang. (Vna/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.