Sukses

Demo Taksi Rusuh: Saham Blue Bird Turun, Express Melejit

Pergerakan sektor saham transportasi cukup beragam pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok sopir angkutan umum menggelar aksi demo pada Selasa (22/3/2016). Aksi demo tersebut sebagai penolakan terhadap layanan jasa transportasi online yang dianggap ilegal.

Lalu bagaimana pergerakan saham transportasi di pasar modal Indonesia terutama operator taksi?

Berdasarkan data RTI, saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) naik sekitar 3,86 persen ke level Rp 242 per saham pada pukul 09.35. Saham TAXI terus menguat usai penghentian perdagangan saham (suspensi) dicabut pada Kamis 17 Maret 2016.

Pada Selasa pagi ini, saham TAXI sempat berada di level tertinggi Rp 248 per saham dan terendah Rp 235 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 2.342 kali dengan nilai transaksi harian saham sekitar Rp 22,7 miliar.

Sementara itu, saham emiten transportasi lainnya juga menguat. Saham PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) naik 5,26 persen ke level harga Rp 120 per saham. Saham PT Eka Sari Lorena Transport Tbk sempat di level tertinggi Rp 120 per saham dan terendah Rp 110 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 13 kali dengan nilai transaksi Rp 7 juta.

Hal berbeda dengan pergerakan saham PT Blue Bird Tbk (BIRD). Saham PT Blue Bird Tbk melemah 0,39 persen ke level Rp 6.375 per saham. Saham PT Blue Bird Tbk sempat berada di level tertinggi Rp 6.450 per saham dan terendah Rp 6.325 per saham.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 60 kali dengan nilai transaksi harian saham Rp 598,3 juta.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan pergerakan saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) lebih didorong sentimen pergerakan grup Rajawali.

Saham-saham masuk grup Rajawali seperti saham PT BW Plantation Tbk (BWPT), saham PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT), dan saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), William menilai mencatatkan penguatan seiring kabar ada pembicaran dengan grup Ferda Malaysia.

"Saya melihat saham PT Express Transindo Utama Tbk ini lebih kepada pergerakan saham grup Rajawali yang menguat. Kenaikan harga saham-saham grup Rajawali karena mulai ada pembicaraan dengan Felda Malaysia," kata William saat dihubungi Liputan6.com.

Seperti diketahui, grup Rajawali akan menjual sekitar 30 persen saham PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) kepada perusahaan asal Malaysia Felda Global Ventures Holdings. Rencana tersebut dilakukan sejak 2015.

William menuturkan, emiten operator taksi mengalami tantangan berat dengan kehadiran layanan jasa transportasi berbasis online. Ia mengatakan, manajemen operator taksi yang ada saat ini juga harus berinovasi untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Karena itu, William menambahkan, bila ada win-win solution antara manajemen taksi konvensional dengan layanan jasa transportasi berbasis online maka itu dapat menguntungkan bagi kinerja emiten operator taksi. Ia pun belum merekomendasikan untuk saham operator taksi. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.