Sukses

2 Maskapai Minat Terbang ke Bandara Silangit

Bandara Silangit memiliki luas lahan 198 hektare dengan panjang landas pacu (runway) 2.250 meter dan lebar 30 meter.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II menyatakan bahwa ada dua maskapai penerbangan yang berniat untuk membuka jalur penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta Banten ke Bandara Silangit Sumatera Utara. Dua maskapai tersebut adalah Sriwijaya Air dan Batik Air.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, dua maskapai itu telah melakukan penjajakan ke Bandara Silangit. "Saya sudah offering ke Batik Air sama Sriwijaya Air. Batik sudah survei," katanya di Silangit, Sumatera Utara, Selasa (22/3/2016).

Budi mengatakan, perseroan akan melakukan pengembangan di Bandara Silangit. ‎Saat ini, Bandara Silangit memiliki luas lahan 198 hektare dengan panjang landas pacu (runway) 2.250 meter dan lebar 30 meter. Luas terminal sekitar 650 meter persegi.

Perseroan akan mengembangkan Bandara sehingga landas pacu menjadi 2.400 meter dengan lebar 45 meter. Terminal bakal diperlebar menjadi 1.000 meter persegi.

‎"Kami berjanji investasi kurang lebih Rp 130 miliar yang kami bangun tahun ini juga. Sehingga bandara lebih panjang, lebar, mulus. Terminal lebih bagus dipagar aman," imbuh dia.

‎General Manager Bandara Silangit Hotasi Manalu menuturkan, pihak perseroan telah melakukan pembicaraan dari segi teknis dengan Sriwijaya Air dan Batik Air.

"‎Yang sudah kunjungan ke sini, Sriwjaya sudah kunjungan, Batik Air sudah kunjungan. Maksudnya mereka lihat kemungkinan, kita bicara teknis apa, kita kasih tau apa yang kita ‎punya sekarang," ungkap dia.

Saat ini, baru tiga maskapai yang terbang ke Bandara Silangit, antara lain Wings Air dengan jadwal penerbangan Rabu, Jumat, Minggu. Susi Air dengan jadwal penerbangan Selasa, Kamis, Jumat. Terakhir yang baru saja melakukan perdana Garuda Indonesia dengan jadwal penerbangan ‎Senin, Rabu, Sabtu.

"Wings Air ke Batam tiga kali dalam satu minggu yaitu Rabu, Jumat, Minggu. Susi Air terbang Selasa, Kamis dan Jumat," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.