Sukses

6 Kiat Tambah Sumber Penghasilan Baru

Jika Anda berstatus sebagai pegawai, maka cari tahu trik untuk menciptakan peluang bisnis baru.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk Anda yang telah memiliki pekerjaan yang mapan baik itu dari segi penghasilannya maupun dari kenyamanan Anda dalam bekerja, ada kalanya menginginkan sesuatu hal yang baru dalam kehidupan yang dijalani.

Termasuk juga sumber penghasilan baru, mungkin sebagian besar dari Anda berada di kondisi yang sudah lelah untuk bekerja menjadi seorang pegawai.

Seringkali untuk mencari tahu sumber penghasilan baru lain dari pekerjaan Anda saat ini. Namun permasalahan yang sering kita dengar ialah keterbatasan waktu untuk mengembangkan diri, maka mau tidak mau Anda hanya terfokus terhadap pekerjaan yang dijalani sekarang.

Jika saat ini Anda berstatus sebagai pegawai, maka cari tahu trik untuk menciptakan peluang bisnis baru, agar anda bisa leluar dari kegiatan rutinitas yang biasa dijalani.

Supaya tidak salah langkah, ada baiknya Anda menyimak rangkuman enam kiat untuk meciptakan sumber penghasilan baru yang bisa diaplikasikan dengan mudah, seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (28/3/2016).

1. Jangan Tinggalkan Pekerjaan Anda Sekarang

Anda boleh saja beranggapan kalau menjadi entrepreneur itu mudah. Namun apabila jika Anda belum siap untuk merasakan kekecewaan atau gagal, mohon jangan tergesa-gesa untuk meninggalkan pekerjaan Anda sekarang.

Perlu diingat Anda masih membutuhkan pekerjaan yang sekarang untuk melanjutkan kehidupan Anda.

Mengambil langkah untuk meninggalkan pekerjaan sekarang akan membuat bingung Anda untuk menghidupi diri, apalagi kalau sudah mempunyai keluarga.

Di samping itu Anda harus mengetahui untuk membangun sebuah usaha baru diperlukan waktu yang tidak singkat.

2. Cari Minat Anda yang Sesungguhnya

Sebelum Anda mengambil langkah untuk berhenti dengan pekerjaan yang sekarang, ada baiknya Anda memikirkan usaha apa yang hendak dijalankan. Anda bisa menjaring dengan mencari minat yang sesungguhnya dan dapat berpotensi menghasilkan sumber penghasilan baru.

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis sesuai minat, maka untuk mendapatkan peluang kesuksesan akan semakin besar, dan juga bisnis akan bisa dijalankan dengan mudah bila dilakukan atas dasar minat yang tepat.

Cari tahu minat bisnis Anda, misalnya apakah pada peluang bisnis otomotif, bisnis kuliner, atau bahkan menjadi seorang ahli tenaga medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Mempelajari Kemampuan yang Ada dan Menciptakan Kemampuan Baru

Membangun sebuah bisnis pasti memerlukan skill yang mumpuni, seandainya jika Anda membuka peluang usaha baru di bidang IT, minimal keahlian yang wajib dimiliki adalah tentang pengetahuan yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi.

Untuk urusan lain yang mendukung terhadap bisnis tersebut bisa  diserahkan kepada orang lain yang lebih berkompeten di bidangnya. Atau Anda bisa mempelajari bagaimana untuk bisa menjadi seorang programmer handal yang bisa menciptakan aplikasi-aplikasi canggih untuk dunia teknologi.

Jika Anda ingin menggeluti bisnis berbasis online, setidaknya Anda perlu memahami beberapa hal penting tentang bisnis online tersebut.

4. Menentukan Target Pasar Anda

Dengan menentukan target pasar Anda sebelumnya, maka Anda akan dengan mudah untuk menentukan strategi pemasaran pada bisnis yang Anda jalani.

Tujuan bisnis pun akan lebih terarah dan akan lebih jelas jika Anda sudah menentukan target pasar. Dengan mengetahui siapa saja konsumen yang membutuhkan produk yang dijual, akan meningkatkan grafik penjualan yang semakin cepat dan meningkat.

Jadi melakukan survei pasar adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam fase mengembangkan usaha Anda ke arah yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5.  Bangun Secara Perlahan

Untuk merintis sebuah bisnis baru tidak bisa dibangun secara instan. Pastinya diperlukan kesabaran agar bisa membangun bisnis Anda dengan baik.

Membangun sebuah bisnis yang menghasilkan harus diiringi doa dan disertai kesabaran pastinya juga didukung dengan kegigihan agar dapat berjalan dengan rencana yang telah tersusun secara rapi di awal.

Jika kamu seperti tergesa-gesa bahkan cenderung tidak sabar, maka peluang ide bisnis Anda tidak akan terlaksana dan bahkan hal paling buruk bisa gulung tikar di pertengahan jalan.

6. Memanfaatkan Media Komunitas

Anda bisa memanfaatkan koneksi yang telah tersedia, Anda bisa bergabung dengan komunitas atau perkumpulan organisasi tertentu yang berhubungan erat dengan bisnis yang Anda jalani.

Hal seperti ini dilakukan untuk lebih memperluas jaringan bisnis Anda. Jadi apabila pelanggan mereka mencari sebuah produk yang berhubungan dengan yang Anda jual, maka mereka akan merujuk konsumen tersebut pada Anda.

Buat Konsep yang Matang Terlebih Dulu

Seperti yang sudah disebutkan, jangan tergesa-gesa untuk memutuskan keluar dari pekerjaan lama Anda. Pikirkan matang-matang apakah Anda sudah siap melakukannya atau belum. Jangan sampai Anda kecewa ketika ternyata pekerjaan baru itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini