Sukses

Pemerintah Bakal Dorong Pembangunan Rusun di Atas Fasilitas Umum

Membangun rusun di atas fasilitas umum menjadi solusi bagi daerah yang kesulitan dalam pengadaan tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah untuk membangun rumah susun (rusun) di atas fasilitas-fasilitas umum, layaknya pasar, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Direktur Perencanaan Ditjen Penyediaan Perumahan Dedy Permadi mengungkapkan‎, pembangunan rusun di atas fasilitas umum ini sebelumnya ide yang tengah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jakarta sudah memiliki ide ini, jadi nantinya di Pasar Minggu dan Pasar Rumput itu akan dibangun rumah susun lantai tinggi," kata Dedy di kantornya, Senin (28/3/2016).

Secara pribadi dan instansi dirinya mengapresiasi ide yang sudah direalisasikan oleh Pemprov DKI tersebut.‎ Untuk itu dirinya berharap daerah lain juga menerapkan ide-ide yang sama.

Dedy menambahkan, dengan membangun rusun di atas fasilitas umum ini juga menjadi solusi bagi daerah yang kesulitan dalam pengadaan tanah. Pengadaan tanah, dikatakan Dedy sampai saat ini masih menjadi masalah utama dalam mensukseskan pengurangan back log yang masih sekitar 13,5 juta unit.

‎"Selain itu bisa juga rumah sakit, jadi bawahnya rumah sakit, atasnya nanti kita bangun rumah susun, kan itu ide-ide yang kreatif. Mungkin kota atau kabupaten yang tanahnya terbatas, harus seperti itu," tambah dia.

Menurut Dedy, Pemrov DKI‎ tidak hanya membangun di Pasar Minggu dan Pasar Rumput. Saat ini DKI Jakarta tengah mengajukan lagi pembangunan rusun di atas fasilitas umum di Cawang dan Bidara China. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini