Sukses

Ini 10 Kota dengan Kemacetan Terparah di Dunia

Bangkok menempati posisi pertama di dunia sebagai kota termacet.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda berpikir kemacetan di Jakarta ketika jam pulang-pergi kerja atau rush hour sudah paling parah, ternyata ada yang lebih buruk.

Bangkok menempati posisi pertama di dunia sebagai kota termacet. Seperti ditulis CNN Money, Rabu (30/3/2015), berikut 10 kota termacet di dunia saat rush hour:

1. Bangkok

Bangkok punya jalur kereta cepat dan jalur fery di kanal. Namun ternyata hal itu tidak dapat mengurai kemacetan di sana, terutama saat rush hour. Waktu tempuh naik dua kali lipat ketika pagi hari para komuter mulai bergerak, menurut pembuat GPS, TomTom.

"Ini sangat ekstrem," kata ahli lalu lintas TomTom, Nick Cohn. Kondisi tersebut bertambah buruk ketika jumlah kelas menengah di sana terus naik. "Masyarakat hanya mau mengendarai mobil karena menyangkut simbol status sosial."

2. Istanbul

Kota ini punya jembatan yang menghubungkan benua Asia dan Eropa. Menurut survei TomTom, perjalanan yang seharusnya hanya 30 menit menjadi dua kali lipatnya ketika jam pulang-pergi kerja atau rush hour.

Untuk mengatasi kemacetan, pemerintah di sana telah membangun terowongan kereta di dalam Selat Bosphorus dan memperpanjang jalur kereta cepat.

3. Meksiko

Kota ini sudah lama terkenal memiliki kondisi kemacetan yang buruk dan masih berlangsung hingga sekarang. Masalahnya, banyak modal masuk ke kota tersebut sehingga menambah pekerjaan, bisnis, dan orang.

Pemerintahnya sudah membangun infrastruktur untuk mengatasi kemacetan, namun masyarakat masih enggan beralih ke transportasi umum.

4. Moskow

Naik mobil di jalan tol dalam kota Moskow ketika jam pulang-pergi kantor benar-benar cocok untuk orang yang panjang sabar. Jalanan yang harusnya bisa dilalui dalam setengah jam menjadi 57 menit. Bahkan di luar jam tersebut jalanan pun kondisinya tidak jauh berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Saint Petersburg

Kota ini penuh dengan museum dan gereja tua yang cantik sehingga disebut Paris of the East. Namun, kondisi jalannya tidaklah sama. Kemacetan memang turun empat persen tahun lalu, tapi tetap ketika jam sibuk lalu lintasnya sangat padat.

6. Bukares

Kota di Romania ini seperti kejutan dalam daftar karena jarang sekali orang mengetahui situasi jalanan di sana ketika jam sibuk. Rata-rata kendaraan bermotor di ibukota negara tersebut mengalami keterlambatan sekitar 26 menit.

7. Chongqing

Kota ini menjadi satu dari empat kota di Tiongkok yang masuk dalam daftar kota termacet di dunia. Lokasinya berada di sebelah selatan. Masyarakat di sana harus menambah 191 jam tambahan di jalan setiap tahunnya untuk pulang-pergi kerja.

8. Shenzhen

Pada era 1980an, Shenzhen merupakan kota pertama di Tiongkok yang didesain menjadi zona ekonomi khusus. Sekarang kota itu disebut sebagai Silicon Valley-nya Tiongkok.

Namun pertumbuhan ekonomi yang tinggi memunculkan pula perkara besar di bidang transportasinya. Menurut survei TomTom, kemacetan tahun lalu naik tiga persen dibanding tahun sebelumnya.

9. Guangzhou

Lokasinya berada di utara Shenzhen. Masalah lalu lintasnya pun serupa. Pengendara mobil adalah raja di jalanan kota tersebut.

10. Zhuhai

Kota di selatan Cina ini tidak jauh kondisi lalu lintasnya dengan Zhenzhen dan Guangzhou. Untuk perjalanan 30 menit di saat jam sibuk, para komuter harus menambah lagi 25 menit durasi perjalanannya. (Elsa A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini