Sukses

Trik Berhemat agar Lebih Kaya Sepanjang Tahun

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhemat. Ingin tahu apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Berhemat ratusan ribu rupiah dalam sebulan tidak sulit untuk dilakukan. Pasti banyak dari Anda yang berpikir berhemat ratusan ribu itu artinya sama dengan makan mie instan setiap hari atau hanya makan dua kali sehari.

Nyatanya banyak cara yang bisa dilakukan untuk  berhemat. Mulai dari hal-hal besar sampai hal kecil, yang perlu dilakukan adalah tekun dan membiasakan diri.

Coba lakukan 30 trik berhemat berikut, maka Anda bisa menambah pundi-pundi keuangan lebih banyak dan lebih kaya sepanjang tahun, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (1/4/2016):

1. Membayar tagihan tepat waktu. Tagihan ini termasuk tagihan listrik, air, telepon, dan kartu kartu kredit. Karena jika terlambat, itu artinya Anda harus membayar biaya denda atau bunga yang membuat pengeluarajadi makin boros.

2. Masak sendiri. Karena hanya dengan modal Rp10.000 untuk membeli dua ikat bayam dan kentang untuk dijadikan perkedel pun Anda sudah bisa makan sehat dan enak.

3. Ajak temanmu saat belanja di supermarket. Karena jika ada promo beli dua garis satu atau yang semacamnya, Anda berdua bisa patungan.

4. Berbelanja di pasar tradisional karena bisa ditawar. Namun sebelumnya tetap cek diskon-diskon di supermarket karena siapa tahu harganya jadi lebih murah setelah didiskon.

5. Setop ngemil. Kalau keinginan ngemil tidak tertahankan, minum saja air putih sebanyak-banyaknya yang jelas-jelas membuatmu jadi lebih sehat. Karena sesungguhnya harga snack kentang yang Anda beli lebih baik dipakai untuk membeli beras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Berhenti menjadi anggota gym. Karena kenyataannya, banyak olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri dan pastinya lebih murah bahkan gratis.

7. Jangan nyalakan AC terlalu dingin. Semakin rendah suhu AC, semakin banyak listrik yang dibutuhkan, dan akan semakin mahal pula Anda membayar listrik.

8. Jangan biarkan AC menyala jika tidak terlalu kegerahan.

9. Selalu matikan lampu jika tidak digunakan.

10. Segera cabut charger/colokan apapun. Kenapa? karena charger/colokan tetap menyedot listrik bahkan ketika tidak digunakan.

Tahukah Anda charger yang tidak dicabut mengonsumsi 1 watt setiap jam. Jika seluruh Jabodetabek lupa mencabut charger, energi yang terbuang berjumlah 96.000 kWh dan itu cukup untuk menerangi 755 rumah!

11. Keringkan bajumu secara manual, bukan dengan mesin cuci.

12. Ganti kebiasaan malam mingguan sambil nongkrong di café dengan menonton film di rumah.

13. Hentikan kebiasaan buruk. Berhenti merokok, berhenti minum soda, akan membuatmu hemat banyak.

14. Kalau Anda merasa tak kuasa menghentikan kebiasaan nonton bioskop. Datanglah ke bioskop saat Hari Senin di mana harga tiket lebih murah.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

15. Pilih kartu kredit tepat yang menawarkan banyak diskon dan cashback.

16. Pilih barang Kalau Anda ngebet membeli sesuatu, coba cek dulu harga secondhand-nya karena pasti lebih murah.

17. Saat berbelanja online, pilih e-commerce yang menawarkan free shipping (gratis ongkos kirim). Banyak lho tips lain agar bisa lebih untung saat belanja online.

18. Matikan paket data smartphone saat tidak digunakan. Hemat kuota, hemat pengeluaran.

19. Kalau harus download sesuatu, gunakanlah wifi gratisan.

20. Berhenti berlangganan koran kalau Anda jarang membacanya. Terlebih sekarang ini semua berita bisa diakses melalui internet.

21. Memindahkan paket tv kabel menjadi paket termurah kalau Anda lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, bukan di depan tv.

22. Menggunakan e-mail berbeda untuk mendaftar keanggotaan e-commerce. Misalnya Anda ingin membeli tiket pesawat di sebuah situs dan situs tersebut memberikan diskon Rp 50.000 bagi anggota baru.

Meskipun sebelumnya Anda sudah terdaftar, gunakan email lain untuk mendaftar sebagai anggota baru.

23. Tidak naik kendaraan umum untuk menuju tempat-tempat yang jaraknya kurang dari 1 km. Berjalan kaki selain murah juga membuatmu lebih sehat lho.

24. Menggunakan aplikasi seperti LINE, WhatsApp,Skype, atau Facebook untuk menelepon. Karena kalau pakai pulsa, apalagi jika menelepon ke operator lain, tarifnya cukup mahal.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

25.  Membeli versi e-book yang lebih murah daripada buku fisik yang lebih mahal untuk Anda yang hobi membaca.

26. Saat akhir bulan adalah saat yang tepat untuk datang ke undangan pesta pernikahan. Alasannya apalagi kalau bukan untuk makan gratis.

27.  Ingin menghemat biaya galon (air minum)? Penuhi botol minummu dengan air minum di kantor atau kampus.

28. Jins jika tidak terlalu kotor bisa dipakai tiga bulan tanpa dicuci. Cukup menjemur atau mengangin-anginkan di bawah matahari. Cara ini bisa membuat jinsmu lebih awet dan tentu saja hemat air.

29. Masih dalam rangka menghemat air, gunakan air bekas mencuci pakaian untuk mencuci mobil. Pantang gunakan selang untuk mencuci mobil.

30. Masukan setiap kembalian koin ke celengan. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini