Sukses

6 Trik Miliarder Siapkan Dana Pensiun

Apa sebenarnya rahasia agar bisa pensiun tanpa perlu khawatir kekurangan uang?

Liputan6.com, Jakarta - Usia tua adalah keniscayaan. Karena setiap orang pasti menua, wajib dipikirkan bagaimana Anda harus bertahan hidup (bahkan hidup senang) selepas pensiun.

Meski usiamu masih 20-an dan pensiun terasa masih lama, Anda tidak boleh menyepelekan simpanan untuk hari senja ini.

Karena faktanya, orang-orang kaya sekelas Warren Buffet saja sangat peduli dengan masa depan pensiun.

Ini artinya, Anda yang tidak sekaya Warren Buffet seharusnya lebih memikirkan kehidupan di masa tua nanti. Apa sebenarnya rahasia agar bisa pensiun tanpa perlu khawatir kekurangan uang? Simak rahasia menabung pensiun ala miliarder berikut, seperti dikutip dari www.cekaja.com.

1. Menabung lebih banyak dari rata-rata

Meski banyak uang, orang kaya cenderung menabung sebagian besar uang mereka. Berdasarkan  penelitian dari UC Berkeley, orang-orang terkaya di dunia (yang jumlahnya hanya sekitar 1 persen dari populasi dunia) menabung hampir 40 persen dari penghasilan mereka setiap bulannya.

Sementara itu kebanyakan orang biasa hanya menabung 10-12 persen dari penghasilan per bulan.
Kalau Anda merasa terbebani jika harus menyisihkan sebanyak itu, mulailah dengan angka 15 persen dengan cara memangkas pengeluaran. Semua ini demi mempertahankan gaya hidup Anda yang sekarang di masa pensiun nanti.

2. Walau kaya tapi hidup hemat

Faktanya, kebanyakan miliarder mempertahankan gaya hidup hemat meskipun sudah berlimpah uang. Jadi, meskipun gajimu meningkat setiap tahunnya, pertahankan gaya hidup seperti waktu gajimu masih kecil. Dengan berhemat, Anda bisa menabung pensiun lebih banyak.

3. Pemasukan tidak satu pintu

Anda mungkin saat ini banyak yang masih mengandalkan pendapatan hanya dari gaji. Bila demikian, sayangnya Anda tidak bisa jadi miliarder. Sebab para miliarder tidak hanya mengandalkan pemasukan dari satu sumber.

Mereka punya banyak pintu untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangannya, baik berupa investasi maupun bisnis sampingan. Dengan pemasukan yang makin banyak, Anda bisa menabung pensiun lebih banyak pula. Kalau hanya mengandalkan gaji, sulit untuk menabung sampai 40 persen per bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Miliki saham jangka panjang

Orang kaya tahu jika saham akan semakin menguntungkan kalau dimiliki jangka panjang. Contoh nyatanya adalah David Cheriton, seorang  profesor di Universitas Stanford dengan total kekayaan hingga US$ 1,3 miliar.

Ia memperoleh kekayaannya dengan menjadi investor saat Google baru berdiri. Ketika Google semakin besar, dia pun mendapatkan keuntungan berlipat hingga menjadi miliarder lewat pekerjaan ‘sampingan’ ini.

5. Berani memulai lebih dini

Waktu adalah uang. Para miliarder paham jika mereka harus menabung sedini mungkin untuk mengumpulkan kekayaan. Selain itu, mereka juga memberlakukan autodebet sehingga tidak ada alasan lupa menyetor setiap bulan.

6. Pilih cicilan dengan strategi tepat

Karena ingin pensiun dalam keadaan tenang dan tentram, mereka tidak memiliki cicilan atau utang apapun di hari tua. Ini artinya, jika ingin beli sesuatu, mereka akan membelinya secara tunai. Atau jika harus mencicil, mereka akan memilih tenor terpendek sehingga cepat lunas.

Anda pasti berpikir tentu saja mudah membeli mobil atau rumah secara tunai tanpa cicilan kalau memang kaya. Dan tentu saja sangat mudah menyetor hingga 40 persen dari penghasilan per bulan kalau uang di rekening tak terhitung jumlahnya.

Namun ini bukan berarti rahasia para miliarder di atas tidak bisa diterapkan oleh golongan kelas menengah. Semua tips di atas bisa Anda ikuti tanpa terkecuali.

Karena faktanya, banyak investor kaya di dunia menerapkan prinsip-prinsip tersebut jauh sebelum mereka mendapatkan satu juta dollar mereka yang pertama. Dan kini, mereka bisa pensiun dalam keadaan kaya raya. Kalau mereka bisa, Anda juga pasti bisa! (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Cekaja.com

Video Terkini