Sukses

Mau Kerja dari Rumah? Lakukan 5 Hal Ini Biar Makin Produktif

Selain dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel, bekerja di rumah pun dapat membuat Anda menghemat energi lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat banyak orang akhirnya memilih untuk bekerja dari rumah. Selain dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel, bekerja di rumah pun dapat membuat Anda menghemat energi lebih banyak.

Walaupun memiliki keuntungan yang banyak, bukan berarti bekerja di rumah tidak memiliki konsekuensinya tersendiri. Lalu bagaimana agar Anda tetap produktif? Melansir huffingtionpost, Minggu (3/4/2016) berikut tipsnya:

1. Tentukan jam kerja

Meskipun Anda sedang berada di rumah namun upayakan untuk mengatur waktu kerja Anda layaknya pegawai yang bekerja di kantor. Dengan memakai cara ini maka suasana kerja dan mind set Anda pun akan tercipta seakan Anda sedang berada di kantor menyelesaikan tugas yang ada.

2. Tentukan target kerja

Bekerja di rumah bukan berarti Anda bisa bersantai dan menghabiskan waktu lebih lama untuk beristirahat. Agar pekerjaan Anda bisa selesai setiap harinya coba buat target dan tujuan akhir setiap akhirnya untuk semua pekerjaan yang Anda kerjakan. Dengan demikian Anda pun akan terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu setiap harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi

3. Berikan penghargaan setelah menyelesaikan pekerjaan

Cara ampuh yang bisa juga dilakukan saat bekerja di rumah adalah menjanjikan kepada diri Anda sendiri dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri. Dengan demikian Anda semakin terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan dan terhindar dari gangguan bekerja di rumah.

4. Berkomunikasi

Jika diperlukan gunakan chat message yang ada yang bisa diaplikasikan di laptop atau desktop Anda di rumah, coba komunikasikan pekerjaan Anda dengan klien atau pihak terkait secara rutin, dengan demikian Anda dapat selalu terhubung dengan lingkungan luar rumah.

5. Ulas semua kegiatan Anda

Kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari atau setiap minggu, hal ini penting dilakukan agar Anda bisa memonitor sejauh mana pekerjaan yang telah selesai dan pekerjaan mana yang masih harus Anda kerjakan. Untuk itu buatlah catatan kecil dan ulasan pekerjaan Anda sesering mungkin. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini