Sukses

Masyarakat RI Minati Produk Investasi Syariah

Total transaksi selama Festival Pasar Modal Syariah 2016 berlangsung mencapai Rp 2,30 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan minat masyarakat terhadap industri syariah terutama terhadap produk-produk investasi syariah sangat besar. Terbukti, dalam Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang diselenggarakan selama 4 hari dikunjungi oleh 9.517 orang atau jauh melampaui target awal yang ditetapkan sebanyak 6.000 pengunjung.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan, jumlah pengunjung Festival Pasar Modal Syariah 2016 telah 1,5 kali lebih banyak dari target yang telah ditetapkan. “Total transaksi selama Festival Pasar Modal Syariah 2016 berlangsung mencapai Rp 2,30 miliar,” ujar Nicky Seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (2/4.2016).

Selama Festival Pasar Modal Syariah 2016 tersebut terjadi Rp 1,05 miliar transaksi keuangan di Anggota Bursa Sistem Online Trading Syariah, Manajer Investasi, dan Bank Agen Penjual Reksa Dana, serta transaksi non keuangan yang dilakukan di booth Perusahaan Tercatat senilai Rp 1,24 miliar. Total produk yang ditransaksikan oleh pengunjung selama acara ini sebanyak 4.032 produk.

Pengunjung terlihat sangat antusias mendalami produk-produk syariah di pasar modal Indonesia yang sudah sangat beragam dengan mengelilingi 44 booth yang ada di Festival Pasar Modal Syariah. Tingginya antusiasme masyarakat juga ditunjukkan dengan jumlah pengunjung yang selalu ramai ketika acara talk show diselenggarakan.

“Bahkan, jumlah pengunjung yang hadir saat talk show melebihi jumlah tempat duduk yang disediakan sehingga banyak pengunjung tetap rela dan antusias mengikuti talk show meski tidak mendapatkan tempat duduk,” tambah Nicky.

Nicky menambahkan, apresiasi diberikan kepada para pendukung acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 yakni kepada 9 Anggota Bursa Sistem Online Trading Syariah, 20 Perusahaan Manajer Investasi (Reksa Dana Syariah), 8 Perusahaan Tercatat yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah, 6 Agen Penjual Reksa Dana Syariah (Bank dan Non-Bank), OJK dan Self Regulatory Organization (SRO)

Selain itu juga ikut mendukung Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI), PT Program Penyelenggara Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI), The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), 33 media partner dan seluruh pengunjung yang telah memeriahkan acara Festival Pasar Modal Syariah 2016.

Melalui Festival Pasar Modal Syariah 2016, yang didukung dengan penyelenggaraan event pasar modal reguler lainnya seperti Sekolah Pasar Modal Syariah, maupun program sosialisasi dan edukasi pasar modal yang rutin diselenggarakan oleh SRO dan OJK membuat Nicky optimis pasar modal syariah akan terus maju dan berkembang di masa depan. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini