Sukses

Mandiri Berikan Fasilitas Bank Garansi kepada Nasabah Jasindo

PT Bank Mandiri Tbk memberikan fasilitas perbankan dengan skema commercial line kontra garansi senilai Rp 2,7 triliun kepada Jasindo.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk memberikan fasilitas perbankan dengan skema commercial line kontra garansi senilai Rp 2,7 triliun kepada Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk mendukung Jasindo dalam memberikan penjaminan proyek.

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan oleh oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar dan Direktur Teknik & Luar Negeri Jasindo Syarifudin di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dalam kerja sama ini, kontraktor nasabah Jasindo akan dapat menerbitkan bank garansi dari Bank Mandiri tanpa harus menempatkan dana sebesar 100 persen di bank. Selanjutnya bank garansi tersebut dapat digunakan kontraktor untuk diberikan kepada pemilik proyek agar proyek dapat segera dilaksanakan.

Sebelumnya, Bank Mandiri dan Jasindo telah menandatangani kerjasama serupa pada 13 Maret 2015 dengan limit sebesar Rp 600 miliar. Namun demikian, mengingat besarnya kebutuhan para kontraktor pelaksana proyek yang dijamin Jasindo, fasilitas itu pun ditingkatkan menjadi Rp 2,7 triliun.

Menurut Royke, sinergi kerja sama bisnis antar BUMN ini diharapkan dapat mendorong dan membantu mengakselerasi pelaksanaan proyek infrastruktur pemerintah.

“Kerja sama ini juga memungkinkan Jasindo memberikan kepastian pembayaran klaim bagi pemilik proyek sebagai pihak yang menerima penjaminan dari asuransi Jasindo,” ungkap Royke.

Melalui kerja sama ini, perseroan juga berharap banyak kontraktor pelaksana proyek yang membuka rekening terpisah untuk transaksi operasionalnya di Bank Mandiri.

Sementara itu Syarifudin menjelaskan, kerjasama ini merupakan langkah yang bagus dikarenakan banyak pelaku usaha dan kontraktor pelaksana proyek yang menginginkan ber bank dengan Bank Mandiri terutama untuk menggunakan produk Bank Garansi.

“Dengan berkembangnya bisnis commercial line kontra garansi, maka kami berharap akan adanya multiplier effect terhadap perkembangan perekonomian nasional,” kata Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini