Sukses

Ini Kebiasaan Hemat Orang Sukses

Kalau Anda merasa punya kebiasaan boros padahal penghasilan pas-pasan coba tiru kebiasaan hemat para orang sukses ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang pasti membayangkan sosok miliarder sebagai orang yang berlimpah uang dan bebas membeli apapun yang diinginkan.

Bayangan ini diperkuat karena kebanyakan orang kaya seperti selebritas Hollywood gemar pamer kekayaan dan berfoya-foya. Ternyata dugaan itu salah. Pada kenyataannya, miliarder yang bijaksana tahu bagaimana menggunakan uang secara bijak.

Mereka tak perlu menunjukkan kekayaan mereka karena semua orang sudah tahu siapa mereka sebenarnya.

Kalau Anda merasa punya kebiasaan boros padahal berpenghasilan pas-pasan, coba tiru kebiasaan hemat para orang sukses di dunia berikut ini seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (7/4/2016).

1. David Cheriton

Usia : 61 tahun

Estimasi kekayaan: US$1,3 miliar

Kebiasaan hemat: Saat makan di restoran mahal, dia meminta pelayan restoran membungkus setengah porsi jatahnya untuk disantap esok hari.

David Cheriton memperoleh kekayaannya dengan menjadi investor saat Google baru berdiri. Dalam rangka penghematan, ia yang juga menjabat sebagai profesor di Universitas Stanford menggunting rambutnya sendiri selama 15 tahun dan mengendarai Volkswagen Vanagon keluaran 1986.

"Kebiasaan hematku bermula dari orangtua yang hidup saat ekonomi sulit. Karena kondisi itulah mereka selalu berhati-hati dalam menghabiskan uang," kata dia.

"Mereka menetapkan aturan agar anak-anaknya bisa menjelaskan untuk apa saja uang jajan dihabiskan tanpa merasa malu atau harus minta maaf," tambah dia.

2. Boone Pickens

Usia: 84 tahun

Estimasi kekayaan: US$ 1,4 miliar

Kebiasaan hemat: Membeli setelan kerja setiap lima tahun sekali.

Pickens telah 55 tahun bekecimpung di bidang minyak mentah. Dia bahkan pernah menjadi cover majalah TIME edisi 1985. Namun saat ini, ia lebih dikenal sebagai miliarder bergaya hidup hemat.

"Orang-orang selalu heran mengapa aku tidak punya lemari yang penuh dengan setelan jas, "tutur dia.

"Itu karena aku membeli setelan kerja setiap lima tahun sekali sehingga total hanya punya 10 pasang. Ini sudah lebih dari cukup," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Michelle Obama

Usia: 54 tahun

Estimasi kekayaan: US$ 8,3 juta

Kebiasaan hemat: Membeli barang diskon

First Lady Amerika, Michelle Obama, punya kebiasaan hemat. Dia pernah kepergok berbelanja sendirian ke supermarket di Washington, D.C. membeli makanan untuk anjing peliharaan keluarga.

Selain itu, terlepas dari keleluasaannya memilih desainer untuk busana sehari-hari, Nyonya Obama terkadang memakai busana yang dibelinya hasil berburu diskon seperti merk H&M. Bahkan, dia pernah muncul do acara Todayshow tahun lalu dengan memakai busana seharga US$35. (Baca juga:  Cerita Orang-orang yang Berhasil Kaya Mendadak Karena Investasi)

4. Warren Buffet

Usia: 81 tahun

Estimasi kekayaan: US$ 44 miliar

Kebiasaan hemat: Tinggal di rumah yang sama selama 54 tahun

Sebagai deretan tiga besar orang terkaya di dunia, Warren Buffet bisa saja membeli mansion mewah dibandingkan rumah lima kamar yang sudah ditempatinya sejak 1958.

Rumahnya saat ini dibeli seharga US$ 31.500 dan masih setia ditinggali sampai sekarang. Rumah tersebut disebut-sebut sebagai investasi terbaik yang pernah dia buat.

"Tiga investasi terbaik yang pernah aku buat adalah saat membeli rumah ini," kata Buffet.

Lalu yang kedua dan ketiga adalah saat dia membeli cincin perkawinan untuk istri pertama dan istri keduanya. Buffet menambahkan, dengan hanya US$ 31.500 pada saat itu, ia dan keluarga punya kenangan indah selama 52 tahun.

Sekarang harga penawaran rumah Buffet naik hingga US$ 391.983 atau 12 kali dari harga asli saat Buffet membeli.

5. Hillary Swank

Usia: 37 tahun

Estimasi kekayaan: US$ 40 juta

Kebiasaan hemat: Mengumpulkan kupon belanja.

Hillary Swank berasal dari keluarga sederhana. Di usianya yang 16 tahun, dia dan ibunya pindah ke Los Angeles untuk mewujudkan mimpi sebagai aktris. Selama masa-masa sulit mendapatkan kasting, dia harus tidur di mobil untuk menghemat pengeluaran sewa kos.

Piala Oscar yang diraihnya pada 1999 berkat film Boys Don’t lah yang membuatnya dilabeli aktris top dengan bayaran mahal.

Namun meski hidupnya tak lagi prihatin, dia masih memelihara kebiasaan-kebiasaan berhemat yang sudah melekat sejak kecil.

Misalnya dengan membeli pasta gigi dan tisu toilet dalam jumlah grosir agar mendapat potongan harga.

"Saat aku melihat kupon belanja, seakan-akan aku melihat uang dollar sedang menatapku. Seperti itulah caraku tumbuh besar. Jadi, kenapa harus malu untuk berhemat?," tutur dia saat menjadi bintang tamu di acara Live! With Regis & Kelly di tahun 2010. (Ahm/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini