Sukses

5 Trik Beli Tiket Liburan Murah secara Online

Untuk menghemat biaya, perhatikan situs yang menjual tiket, pemilihan tanggal, maupun paket yang ditawarkan layanan penjual tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur ke luar kota perlu dilakukan sekali-kali untuk menyegarkan pikiran Anda. Bila ingin berlibur ke tempat yang memerlukan transportasi pesawat, maka tiket perjalanan yang dipesan online menjadi pilihan banyak orang.

Untuk bisa mendapatkan tiket pesawat yang terjangkau, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti situs yang menjual, pemilihan tanggal, maupun paket yang ditawarkan layanan penjual tiket.

Biasanya ada beberapa situs yang tidak hanya menyediakan tiket pesawat, namun juga sekaligus pemesanan hotel. Keduanya dipaket sehingga membuat biaya perjalanan menjadi lebih murah.

Agar tidak membuang-buang uang pada tiket perjalanan, Anda juga harus berhati-hati ketika membeli tiket secara online. Melansir dari Money Market UK, Jumat (8/4/2016) berikut adalah 5 tips yang perlu Anda ikuti saat memesan tiket untuk perjalanan secara online:

1. Bandingkan setiap situs yang menjual tiket online

Banyak situs online yang menawarkan perjalanan murah. Sebaiknya Anda tidak buru-buru langsung melakukan pemesanan. Sangat disarankan untuk membandingkan terlebih dulu biayanya dengan situs lain, meskipun Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam.

Selain itu Anda bisa mengikuti Facebook maupun Twitter beberapa maskapai penerbangan komersial untuk mendapatkan beberapa promo spesial.

2. Perhatikan tanggal dengan baik

Sebelum memutuskan pemesanan periksa kembali di sekitaran hari penerbangan Anda. Bila berdekatan dengan hari libur, biasanya biaya perjalanan memang bertambah mahal. Hal tersebut juga mempengaruhi biaya kamar di hotel.

Bila Anda menemukan hari libur, sebaiknya geser tanggal kepergian Anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, sebaiknya Anda hindari penerbangan saat weekend.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penawaran paket

3. Manfaatkan paket yang ditawarkan

Paket liburan bisa termasuk penerbangan dan akomodasi hotel yang biasanya menawarkan fasilitas makan. Anda bisa mengambil paket tersebut untuk menghemat biaya. Apalagi, bila Anda sama sekali belum pernah liburan di tempat tujuan Anda. Selain itu, bila Anda membeli tiket di agen perjalanan, maka dia akan memberikan paket perjalanannya juga.

4. Beli tiket jauh-jauh hari

Untuk mendapatkan tiket murah, Anda bisa memesannya seminggu atau bahkan sebulan sebelum perjalanan. Namun perlu diingat, semakin lama Anda menunda, semakin Anda harus fleksibel dengan tanggal dan tujuan Anda. Anda bahkan tidak akan tahu kesibukan apa yang akan ditumpahkan pada Anda esok hari.

5. Perhatikan kebijakan yang berlaku

Selalu ingat untuk memeriksa kebijakan maupun syarat yang berlaku. Banyak kebijakan asuransi perjalanan yang tidak akan Anda duga bila Anda merasa dirugikan. Asuransi untuk pembatalan juga dapat bervariasi pada setiap agen perjalanan. (Shabrina Aulia Rahmah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini