Sukses

7 Hal yang Lebih Berharga Ketimbang Uang

Menjadikan uang sebagai hal terpenting dapat juga berpengaruh buruk pada kepribadian dan sikap pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Membiarkan uang menjadi hal paling penting dalam hidup Anda ternyata dapat menjadi bumerang dan berdampak negatif bagi hidup Anda.

Tak hanya itu, menjadikan uang sebagai hal terpenting juga dapat berpengaruh buruk pada kepribadian dan sikap pribadi.

Dilansir dari Huffington Post, Kamis (7/4/2016), Pada kenyatannya, ada berbagai hal baik lain yang justru harus dilakukan untuk mendapatkan uang. Itulah mengapa uang bukanlah yang terpenting dalam hidup.

Lagipula, banyak orang merasa mudah putus asa dan tak bahagia karena seumur hidupnya hanya bertekad mengumpulkan uang semata. Berikut tujuh hal yang dapat membuat Anda menyadari bahwa uang bukan yang terpenting dalam hidup:

1. Kesehatan

Kesehatan fisik tak bisa dibeli dengan uang, tapi bisa dibantu membaik dengan olahraga dan mengatur pola makan dengan baik. Tanpa ada uang, manusia masih bisa menikmati hidup. Namun tanpa kesehatan, banyak orang merasa menderita dan melewatkan hari-harinya tanpa rasa bahagia.

2. Waktu

Waktu adalah salah satu harta karun paling berharga di muka bumi ini. Itu lantaran Anda tak bisa lagi mengulang kembali waktu untuk melakukan berbagai hal yang lebih baik.

Waktu yang Anda investasikan dengan baik dapat menghasilkan keuntungan besar. Sementara jika menyia-nyiakannya, Anda dapat menderita kerugian berarti. Tak heran, waktu lebih berharga dibandingkan uang.

3. Persahabatan

Pertemanan dan adanya sahabat terdekat yang senantiasa memberikan perhatian membuat Anda  merasa hidup lebih berarti. Persahabatan tak hanya memberikan Anda kebahagiaan tapi juga memberikan kekuatan untuk membuat hidup yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Pengalaman

Setiap manusia pasti pernah mengalami berbagai macam hal dalam kehidupannya. Mulai dari memiliki teman baru, mengobrol dengan orang-orang terdekat, mencapai prestasi luar biasa, atau bahkan menikah.

Semua pengalaman tersebut tak bisa dihargai dengan uang. Itulah mengapa pengalaman menjadi salah satu hal yang jauh lebih berharga daripada uang.

5. Rasa syukur

Banyak orang bisa saja memiliki uang dan membeli segalanya. Namun belum tentu dirinya ingat untuk mengucap syukur. Padahal banyak orang lain yang dapat merasa bahagia karena bersyukur meski tak memiliki banyak hal yang diinginkan. Bersyukur juga membuat Anda dapat menghargai semua yang telah Anda miliki sekarang.

6. Ketahanan diri

Uang bisa datang dan pergi kapan saja. Kemampuan untuk bertahan hidup mampu membuat uang tampak tak begitu penting lagi. Kemampuan diri menahan keinginan yang berlebihan juga membuat uang tak lagi seolah menjadi segalanya.

7. Pengembangan diri

Setiap orang memiliki banyak sekali peluang untuk mengembangkan diri. Bekerja untuk mengembangkan diri akan berbeda dengan menjalani karir hanya demi uang semata. Lagipula saat diri berkembang, banyak pekerjaan dengan gaji menggiurkan yang akan menghampiri Anda. (Siska Amelie/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini