Sukses

PLN dan 9 Anak Usaha Buka Lowongan Kerja, Tertarik?

PLN dan anak perusahaan menargetkan lebih banyak pelamar jenjang D3, D4, dan S1 yang mendaftar.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) dan sembilan anak perusahaannya membuka bursa kerja untuk mencari lulusan perguruan tinggi terbaik. Langkah PLN merekrut karyawan ini untuk menunjang program kelistrikan 35 ribu MW.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan oleh PLN dalam mencari lulusan terbaik adalah dengan hadir pada acara Titian Karir Terpadu ITB pada 8 hingga 10 April 2016 yang digelar oleh ITB Career Center. Tidak tanggung-tanggung, PLN memboyong 9 anak perusahaannya untuk turut serta dalam Titian Karir Terpadu ITB, yang bertempat di Sasana Budaya Ganesha. 

"Titian Karir Terpadu ITB 2016 merupakan bursa kerja terintegrasi yang menggabungkan promosi, presentasi, pameran, dan aktivitas rekruitasi yang dilakukan perusahaan dalam satu kesatuan," kata Agung, di Jakarta, (7/4/2016).

Di 2016, PLN menyiapkan pagu rekrutmen sebanyak 5.558 tenaga kerja mulai dari level SMA, D3, sampai S1. Perekrutan D3 dan S1 sudah dimulai sejak akhir Desember 2015 di 10 kota, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Mataram, Banjarmasin, Makassar, Manado, Ambon, dan Jayapura. Pembukaan lowongan pekerjaan ini lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Agung mengungkapkan,PLN dan anak perusahaan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kellistrikan terbesar di Indonesia. Kesempatan berkarier di PLN dan anak perusahaan sangat luas karena meliputi rentang bisnis dari hulu sampai hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya.

Dalam rekrutmen ini, PLN dan anak perusahaan menargetkan lebih banyak lagi pelamar jenjang D3, D4, dan S1 yang mendaftar. Hal ini dalam rangka mengisi formasi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menunjang pembangunan Program Kelistrikan 35 ribu MW.

Program yang ditargetkan selesai pada 2019 ini adalah penugasan yang diberikan pemerintah dalam rangka menjawab kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Oleh karenanya, PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang ketenagalistrikan berupaya maksimal untuk mewujudkan hal tersebut. Upaya ini salah satunya dilakukan dengan penguatan sisi sumber daya manusia.

“Kami serius mengerjakan program kelistrikan 35.000 MW. Kami akan menjaring tenaga-tenaga muda yang cakap dengan kemampuan tinggi. Hal ini sangat diperlukan guna memperkuat sisi Human Capital kami, sehingga program 35.000 MW ini dapat terealisasi,” ujar dia.

Dengan bertambahnya kuantitas dan kualitas pegawai, diharapkan dapat membuat kinerja PLN sebagai penyedia listrik terbesar di Indonesia akan terus membaik dari waktu ke waktu. Untuk waktu dekat, dapat mendukung Program Kelistrikan 35 ribu MW hingga 2019.

Sebelumnya PLN juga membuka lowongan pekerjaan yang dimulai sejak Desember 2015 hingga Januari 2016. Dalam rentang waktu tersebut PLN mampu menarik minat lebih dari 40.000 pelamar kerja. Dari jumlah tersebut, sekitar 30.000 pelamar telah lulus proses administrasi dan berhak mengikuti tes lanjutan.

Angka ini menunjukkan bahwa PLN merupakan perusahaan yang banyak diminati para pencari kerja untuk mengembangkan diri dan karirnya. Terutama karena PLN juga menjanjikan peluang berkarir yang sangat luas, mengingat rentang bisnis PLN dari hulu ke hilir, yaitu mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan, serta jasa-jasa pendukungnya.

Sementara itu terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN menghimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen. PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. Segala informasi rekrutmen PT PLN (Persero) dapat dilihat pada situs resmi pln.co.id.

Berikut adalah anak perusahaan PLN yang ikut serta pada Titian Karir Terpadu ITB 2016:

1. PT Indonesia Power - IP (Pembangkitan Listrik)
2. PT Pembangkitan Jawa Bali – PJB (PembangkitanListrik)
3. PT Indonesia Comnet Plus – Icon+ (Penyedia Jaringan Telekomunikasi)
4. PT Pelayanan Listrik Nasional Batam – PLN Batam (Penyedia Tenaga Listrik)
5. PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan – PLN Tarakan (Penyedia Tenaga Listrik)
6. PT PLN Enjiniring – PLN E (Jasa Enjiniring, Pengadaan, & Konstruksi)
7. PT PLN Batubara – PLN Batubara (Perdagangan Batubara)
8. PT Pelayaran Bahtera Adhiguna – Bag (Pelayaran)
9. PT Haleyora Power – HP (Pembangkitan Tenaga Listrik & Jasa).

(Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini