Sukses

Bangun Jaringan Listrik, PLN Dapat Pinjaman Lahan di Cikarang

PT PLN mendapat pinjaman lahan seluas ‎11,9 hektare yang akan dibangun infrastruktur jaringan kelistrikan untuk memperkuat Jawa Bali

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) mendapat pinjaman lahan gratis seluas ‎11,9 hektare yang akan dibangun infrastruktur jaringan kelistrikan untuk memperkuat sistem Jawa Bali. Lahan tersebut milik PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).

Direktur Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang‎ menuturkan, lahan yang terletak di kawasan industri Delta Mas Cibatu tersebut sangat strategis, sehingga dapat menghubungkan listrik di wilayah utara Jawa yang menghubungkan listrik Tanjung Jati Jepara, Cirebon, Indramayu, Cibatu, Tambun dan tersambung pada Pembangkit Listrik Muara Tawar Bekasi.

"Daerah ini sangat strategis meneruskan daya yang ada ke sistem Jawa Bali‎," kata Nasri, usah menandatangani perjanjian kerjasama, di Kota Deltamas, Cikarang, Jumat (8/4/2016).

 

Menurut Nasri, dalam lima tahun ke depan kebutuhan listrik Jawa Bali bertambah sebesar ‎25 hingga 26 Mega Watt (MW) dengan adanya perkuatan jaringan tersebut dapat menunjang kebutuhan kelistrikan.

"Sistem Jawa- Bali dalam 5 tahun ke depan ada tambahan 25-26 MW, ini di Utara Jawa, kita bangun transmisi 500 KV utamanya dijalur Utara Jawa,‎" ungkapnya.

CEO Commercial Sinar Mas Land Hongky J. Nantung menuturkan, infrastruktur kelistrikan yang akan dibangun di wilayah tersebut adalah Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 Kilo volt (Kv) dan Gardu Induk 150 Kilovolt (Kv). Rencananya pembangunan infrastruktur tersebut akan dilakukan dalam dua bulan ke depan dan diperkirakan rampung dua tahun kemudian.

‎"‎Pinjam pakai untuk lahan GITET, rencana ini berawal perbincangan satu tahun lalu dengan Dirut sebelumnya Pak Nur Pamudji, Pak Nur menginginkan perkuatan jalur backbone 500 KV, kami menyanggupi dan bisa diselesaikan," tutup Hongki. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini