Sukses

Bursa Asia Menguat Dipengaruhi Kenaikan Harga Minyak

Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,8 persen pada pukul 09.24 waktu Tokyo Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia kembali menguat pada pembukaan perdagangan rabu pekan ini. Kenaikan harga minyak dan juga logam mulai menjadi pendorong penguatan indeks saham di kawasan Asia Pasifik.

Mengutip Bloomberg, Rabu (13/4/2016), indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,8 persen pada pukul 09.24 waktu Tokyo Jepang. Kenaikan tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak 31 Maret. Indeks Topix melonjak 4,6 persen didorong oleh saham di industri perbankan.

Di Australia, Indeks S&P/ASX 200 naik 0,8 persen. Sedangkan Indeks S&P/NSZ 50 menguat 0,6 persen. Indeks acuan di kedua negara ini menguat setelah keluarnya data impor bijih besi Tiongkok yang melonjak 4,6 persen.

Indeks MSCI Asia Pasifik atau indeks patokan bursa di Asia pasifik ini terus mengalami penguatan dalam 6 hari terakhir. Pada perdagangan hari ini, pendorong utama penguatan adalah kenaikan harga minyak.

minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman Mei ditutup naik US$ 1,81, atau 4,5 persen ke US$ 42,17 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga tersebut merupakan penutupan tertinggi sejak November 2015.

Sedangkan untuk minyak Brent, yang merupakan patokan harga dunia, naik US$ 1,86 atau 4,3 persen ke level US$ 44,69 per barel di ICE Future Europe, juga merupakan level tertinggi sejak November 2015 lalu.

"Harga minyak telah rebound dan pasar saham di AS telah melonjak sehingga mendorong ke kawasan lain," jelas Analis SMBC Nikko Securities Inc, Tokyo, Jepang, Chihiro Ohta.

Untuk selanjutnya, beberapa rilis data perdagangan China dan laporan kinerja emiten di beberapa negara lain akan menarik perhatian dari pelaku pasar dan bakal mempengaruhi gerak bursa Asia. (Gdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.