Sukses

Mau Jadi Orang Sukses? Pakai 5 Cara Ini Hadapi Kesalahan

Mereka takut gagal yang pada akhirnya takut untuk mencoba.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan merupakan sesuatu yang harus kita hadapi. Namun rintangan paling besar yang biasanya sulit untuk dilakukan orang adalah mencoba untuk melakukan hal baru. Mereka takut gagal yang pada akhirnya takut mencoba.

Padahal, kesuksesan bukanlah sesuatu yang dapat datang dengan instan. Justru orang berani gagal adalah mereka yang biasanya mampu untuk lebih sukses ke depan.

Orang sukses dunia pun tidak luput dari kegagalan. Lalu apa yang mereka lakukan untuk menghadapi kesalahan yang diperbuat? Melansir Forbes, Kamis (14/4/2016) berikut ulasannya:

1. Jangan terlalu terpengaruh pada omongan negatif orang

Kesalahan merupakan hal yang lumrah terjadi. Sepintar apapun Anda mencoba menyembunyikannya, pasti ada beberapa orang yang bisa melihat hal tersebut. Tidak dapat dipungkiri, orang-orang ini juga akan mengatakan hal negatif tentang diri Anda.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan membatasi diri agar tidak terpengaruh dengan omongan negatif. Dengan melakukan hal ini Anda pun dapat menjadi lebih mudah untuk menjalani hari-hari Anda selanjutnya

2. Berikan penjelasan
Berikan penjelasan terhadap apa yang sudah Anda lakukan. Penjelasan ini berguna untuk memberi gambaran jelas akan permasalahan yang terjadi. Dengan memberikan penjelasan, Anda pun tau bagaimana solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Jadi Orang Sukses

3. Tahu cara memperbaiki kesalahan
Orang sukses tahu bagaimana cara mereka memperbaiki kesalahan. Dibanding memilih untuk lari dari masalah, mereka justru sibuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada.

4. Punya rencana pencegahan
Orang sukses tahu bagaimana cara mencegah agar masalah tersebut tidak kembali terulang. Satu hal yang mereka lakukan adalah dengan menganalisis dan mengevaluasi diri. Apa yang harus dilakukan demi memiliki pencegahan atas apa yang pernah terjadi.

5. Kembali beraktivitas seperti normal
Kesalahan yang sudah berlalu dijadikan pembelajaran bagi orang sukses. Setelahnya, mereka pun beraktivitas kembali secara normal.

Hal ini sulit dilakukan oleh sebagian orang, dibanding melupakan kesalahan, mereka justru lebih memilih untuk mengungkit-ungkit masalah yang telah lalu. Melakukan hal ini justru membuat Anda sulit untuk sukses. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.