Sukses

Pembebasan Lahan Tol Batang-Semarang Baru 40 Persen

Ruas tol yang memiliki total panjang 75 kilometer (km) ini saat ini pembangunannya masih terkendala pembebasan lahan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mempercepat pembangunan jalan tol Trans Jawa. Tol ini ditargetkan akan tersambung mulai dari Merak hingga Surabaya pada 2018. Salah satu ruas yang masih dalam pembangunan adalah ruas Semarang-Batang.

Ruas tol yang memiliki total panjang 75 kilometer (km) ini saat ini pembangunannya masih terkendala pembebasan lahan.‎ Salah satu titik yang belum banyak dibebaskan adalah di wilayah Batang.

"Pembebasan lahan itu mungkin sekitar 40 persen. Paling banyak yang belum dibebaskan itu di Batangnya sendiri, untuk yang dari Semarang sudah banyak,"kata Basuki di Istana Kepresidenan,Jakarta, Rabu (13/4/2016).

‎Dijelaskan Basuki, minggu lalu dirinya sudah menandatangani pengambilalihan pembangunan jalan tol ini dari PT Marga Setia Puritama ke perusahaan konsorsium antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Pengambilalihan ini diharapkan Basuki dapat mempercepat pembangunan ruas tol ini, setelah sebelumnya di bawah pengelolaan Marga Setia Puritama tidak ada progres pembangunan yang signifikan.

"Mereka saat ini sedang urus Badan Ussaha Jalan Tol (BUJT) nya untuk nanti diajukan. Setelah beres, mereka langsung bisa bangun. Pokokonya kita optimis 2018 Trans Jawa akan nyambung," tegas Basuki.

‎Seperti diketahui, untuk membangun Jalan tol Batang-Semarang, diperlukan dana investasi sebesar Rp 7,23 triliun. Sementara biaya pembebasan tanah sebesar Rp 554 triliun dan Rp 4,21 triliun untuk keperluan konstruksi. (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini