Sukses

Universitas Pertamina Bakal Ciptakan Sarjana Unggul

Universitas Pertamina memiliki program pendidikan agar mahasiswa siap terjun ke industri.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Pertamina ‎akan menjadikan lulusannya sebagai sarjana plus. Lantaran Universitas Pertamina memiliki program studi  yang berbeda dengan perguruan tinggi lainnya.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka mengatakan, meski perdana membuka program pendidikan, calon mahasiswa Universitas Pertamina sudah mencapai 1.500 peserta. Tawaran menjadi sarjana plus mampu menarik calon mahasiswa.
‎

"Kita itu menawarkan ke adik-adik  yang sudah lulus SMA, bahwa universitas Pertamina nanti akan jadi sarjana plus,"‎ kata Akhmaloka, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Akhmaloka menjelaskan, perbedaan Universitas Pertamina dengan perguruan tinggi lainnya yaitu kedekatan mahasiswa dalam kegiatan industri minyak dan gas bumi. Lantaran mahasiswa Universitas Pertamina dikenalkan langsung dengan industri tersebut.

 

"Akan kuat di basic science tapi kita sertakan kehidupan yang ada di industri sehingga lulusan Unversitas Pertamina sudah tidak asing dengan industri," ujar Akhmaloka.

Akh‎maloka melanjutkan, dengan program pendidikan tersebut, akan membuat mahasiswa memiliki pengalaman yang lebih sehingga siap bekerja di industri minyak dan gas.

"Karena dia sudah dekat dengan industri punya pengalaman di industri akan magang di industri migas. Punya pengalaman kita bentuk karakter yang sesuai dengan yang dibutuhkan," tutur Akhmaloka.

Universitas Pertamina akan membuka tahun ajaran baru pada semester I 2016. Di tahun pertama ini, Pertamina membuka kesempatan bagi 1.000 mahasiswa. Untuk bisa menjadi mahasiswa di Universitas Pertamina, calon mahasiswa perlu menyiapkan biaya minimal Rp 10 juta.

Pendaftaran Universitas Pertamina dibuka mulai 7 sampai  17 April 2016 dengan biaya Rp 300 ribu. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan mengikuti seleksi potensi akademis.

Ada enam fakultas 15 program studi, yaitu teknik geofisika, teknik geologi, teknik perminyakan, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik logistik, dan teknik sipil serta teknik lingkungan. Selain itu, universitas baru ini juga membuka program studi ilmu komputer, ilmu kimia, ilmu komunikasi, hubungan internasional, ekonomi, dan manajemen.

Untuk menjadi mahasiswa semua jurusan tersebut dibutuhkan biaya uang masuk Rp 10  juta dan biaya per semester Rp 10 juta.‎ "Sekarang katanya untuk tahun ini semua jurusan sama ada pengembangan perguruan tinggi Rp 10 juta rutin per semester Rp 10 juta," ujar dia. (Pew/Ahm)
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.