Sukses

Pasok Makanan di Pesawat, Lion Group Punya Dapur Tercanggih di RI

Lion Gorup melalui anak usahanya Lion Boga telah memproduksi berbagai jenis makanan untuk keperluan perjalanan di dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Lion Gorup melalui anak usahanya Lion Boga telah memproduksi berbagai jenis makanan untuk keperluan perjalanan di dalam pesawat. Lion Boga ini merupakan anak usaha baru dari Lion Group yang baru didirikan pada akhir 2014.

Kepala Koki Lion Group Cecep Heri Sumarsono mengungkapkan, sejak perusahaan berdiri, saat ini produksinya sudah berkembang pesat. Saat ini Lion Boga telah memasok makanan untuk 165 penerbangan baik domestik maupun internasional.

"Saat ini kami memasok paling banyak untuk Batik Air, tapi kita juga pasok untuk Lion Air, yang Lion itu untuk cabin crew," kata Cecep di Lion City, Balaraja, Banten, Kamis (14/4/2016).

Cecep menambahkan dengan luas area 8 ribu meter persegi, Lion Boga telah mempekerjakan jumlah karyawan sekitar 500 orang. Para pekerjanya sebanyak 30 persen berasal dari professional kitchen yang semuanya berwarga negara Indonesia.

Di dapur Lion Boga ini, terdapat berbagai ruangan, mulai dapur panas, dapur dingin, hingga dapur pengemasan. Terdapat juga beberapa ruangan kantor yang digunakan para pekerja untuk bagian administrasi.

Lion Boga juga memiliki laboratorium yang digunakan sebagai tempat penguji dari berbagai jenis makanan yang akan diproduksi. Laboratorium ini diklaim sudah sesuai dengan standar internasional sebagai perusahaan boga.

Mengenai bahan memasak, seluruh pemanasan telah dipasok melalui pipa gas. Lion Boga memiliki 8000 liter tabung gas yang berada di luar bangunan. Tabung ini selalu di isi ulang setiap satu minggu sekali.

Saat ini perusahaan yang memproduksi makanan di dalam pesawat tidak hanya Lion Boga. Namun diklaim, Lion Boga ini memiliki alat-alat yang canggih dan terbaru. Ini yang menjadi kelebihan Lion Boga.

"Kelebihan kami , kami perusahaan baru, jadi alat-alat kami sudah paling canggih, yang terbaru semua," tegas Cecep.

Saat ini Lion Grop masih menggunakan jasa pihak ketiga untuk memasok sebagian menu makanan di dalam pesawat. Namun, dengan adanya Lion Boga, diharapkan nanti semua menu makanan di seluruh penerbangan Lion Group dapat dipenuhi oleh Lion Boga.

"Jadi kita itu pasarnya sudah ada, jadi kami akan terus berkembang," tutup Cecep. (Yas/Gdn)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.