Sukses

Laporkan Roadmap Industrialisasi, KEIN Temui Presiden Jokowi

Pertemuan KEIN ini merupakan pertemuan rutin yang dilakukan dengan Presiden Jokowi setiap dua minggu sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menghadap Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (15/4/2016).

Pertemuan ini dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB. Para anggota KEIN baru masuk ke Istana Merdeka pada pukul 11.00 WIB.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, pertemuan KEIN ini merupakan pertemuan rutin yang dilakukan KEIN dengan Presiden Jokowi setiap dua minggu sekali.

Pembahasan pertemuan diantaranya mengenai kemajuan penyusunan roadmap industrialisasi yang diperintahkan Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan ini dipimpin oleh Ketua KEIN Soetrisno Bachir, sebagian besar anggota KEIN terlihat hadir‎, salah satunya Eddy Sariaatmadja.

Sebelumnya, Soetrisno Bachir mengemukakan kehadiran KEIN diharapkan memberikan nuansa positif untuk melihat bagaimana perkembangan ekonomi Indonesia. Hal lain yang akan dilakukan oleh KEIN adalah menyusun peta jalan atau roadmap industrialisasi Indonesia akan dibawa ke arah mana.

"Presiden berharap adanya suatu reindustrialisasi peta jalan yang jelas ke depan industri kecil itu mau dibawa ke mana. Nah, di situlah KEIN mempunyai tugas dan memberikan masukan-masukan pada Presiden," jelas Soetrisno.

Dalam menyampaikan masukan tersebut, Ia menuturkan, KEIN  akan memberikan masukan-masukan dan juga akan mendengar dari stakeholder, asosiasi, dari pihak-pihak yang terkait dengan masalah-masalah industri.

Sebelumnya pada 10 Februari 2016, Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta pernah menyampaikan ada lima hal yang penting sebagai pendorong dalam proses industrialisasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Jadi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak di masyarakat, menurunkan kemiskinan, mempersempit kesenjangan, mengurangi inflasi, dan tentu saja pertumbuhan ekonomi tetap tinggi," jelas Arif ketika itu.

Untuk itulah, menurut Arif, hal penting kenapa roadmap industrialisasi menjadi suatu agregasi dari seluruh roadmap yang sudah ada di Kementerian/Lembaga. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini