Sukses

1.000 UMKM Pasar Tanah Abang Mulai Rambah Jualan Online

Pelaku UMKM yang merasa kerepotan untuk memasarkan produk secara online akan dibantu dengan managed service dari GrosirBersama.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pasar Grosir Tanah Abang Jakarta kini mulai mencoba memasarkan produknya melalui dunia maya.

Tercatat sekitar 1.000 UMKM di pasar tersebut bergabung dalam platform GrosirBersama yang dibentuk PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS). 

“Tepatnya 1.167 pedagang di Tanah Abang bergabung dengan platform Grosir Bersama. Jumlah produk yang listing ada sekitar 17 ribuan. Animonya terus naik jika dilihat transaksi harian dan jumlah produk yang diunggah,” ujar Deputy EGM DBS Yoyok Setyono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Grosir Bersama adalah salah satu start up akselerasi dari Telkom melalui Program Indigo Apprentice Award (IAA) 2015. Grosir Bersama menyediakan marketplace khususnya bagi UMKM yang ingin memasarkan produk secara grosir tetapi menghadapi kendala dalam adopsi internet.

Pelaku UKM yang merasa kerepotan untuk memasarkan produk secara online akan dibantu dengan managed service dari GrosirBersama. Mulai dari penayangan produk secara online, penanganan order pembelian, pengemasan hingga pengiriman barang yang dipesan.


“Kita tengah dorong agar transaksi menjadi one circle alias sesuai dengan konsep Look, Booked, Pay dari e-Commerce. Sekarang alat bayar di GrosirBersama masih transfer via Bank Mandiri, BCA, dan seluruh Bank yang menjadi mitra dari Finpay yang merupakan online payment milik Finnet (anak usaha Telkom),” papar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini sedang ada rencana mengembangkan platform GrosirBersama terhubung dengan akun media sosial milik para pedagang.

“Di Tanah Abang ini pedagangnya sudah melek digital. Rata-rata setiap toko mencantumkan PIN BlackBerry atau nomor WhatsApp, dan akun media sosial. Kami dan GrosirBersama sedang buat platform yang bisa menarik itu semua ke marketplace ini,” dia menjelaskan.

Secara terpisah, Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, GrosirBersama adalah salah satu platform yang digandeng perseroan untuk membawa tiga juta UKM Goes Digital tahun ini.

“Kami masih ada Blanja.com dan Jarvis-Store. Semua platform digunakan agar pelaku UKM menjadi mandiri dan memiliki daya saing,” katanya.

Dia menuturkan, GrosirBersama dengan portal grosirbersama.co.id ditawarkan kepada pelaku UKM di komunitas yang berada di pusat grosir seperti Tanah Abang, Jakarta.

"Kami memulai usaha membawa UKM Goes Digital ini sejak enam tahun lalu. Jadi, kami sudah berbuat kala yang lain masih berfikir. Ini Bakti Telkom untuk Negeri," tutur dia. (Nrm/Ahm) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.