Sukses

Dianggap Aman, Investor Asing Senang Tanam Modal di Indonesia

Indonesia dinilai sebagai tempat investasi yang aman bagi para investor dunia.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Sebagai negara berkembang, Indonesia dinilai sebagai tempat investasi yang aman bagi para investor dunia. Ini karena ekonomi Indonesia dinilai memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik.

Informasi ini diperoleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad saat bertemu sejumlah investor asing di luar negeri.

‎"Dalam tiga bulan pertama tahun ini, tidak banyak negara yang ekonominya bagus seperti kita. Malah beberapa investor mengatakan ke saya, Indonesia saat ini seperti safe haven bagi para investor‎," kata Muliaman dalam acara diskusi "Ketua OJK dengan Alumni Monash University dan universitas lainnya di Melbourne, Australia‎", Sabtu (16/4/2016).

Kondisi ini tentu patut disyukuri sebab di saat ekonomi negara berkembang lainnya sedang lesu, ekonomi Indonesia justru masih bisa terus tumbuh.

 

Bagi investor dunia saat ini, selain Indonesia, ada negara lain yang digadang-gadang akan menjadi tujuan investasi besar-besaran‎. Negara itu adalah Argentina.

"Jadi itu dua negara yang diperkirakan tahun ini akan bisa melewati masa sulit dari perkembangan ekonomi global yang tidak banyak harapan," ucap Muliaman.

Dengan situasi saat ini, menurut Muliaman, bukan saatnya menggantungkan ekonomi dalam negeri ke negara lain.‎ Hal yang harus dilakukan pemerintah adalah meningkatkan ekonomi dari dalam negeri.

Peningkatan ekonomi dalam negeri ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan membangun industri padat karya.

Industri padat karya ini menjadi kunci utama mengingat mampu mengurangi pengangguran secara signifikan. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.