Sukses

Menteri Yuddy Jamin Seleksi CPNS Bebas KKN

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi mengakui dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pernah ada sistem yang tidak fair.

Hal in dibuktikan dengan banyak orang atau pejabat yang menggunakan wewenang untuk menempatkan rekan, saudara, atau keluarganya sebagai PNS di suatu instansi pemerintahan.

Yuddy menjamin istilah "PNS Titipan" yang dulu pernah ada tidak akan ada lagi dengan sistem Computer Asissted Test (CAT).

"Dulu memang ada istilah titipan pejabat, sekarang tidak ada lagi. Kalau ada yang mengatakan bisa nitip, bohong itu. Dengan menggunakan sistem CAT, seleksi CPNS akan berlangsung transparan dan objektif. Kami jamin tidak ada KKN, tidak ada bayar-bayaran‎,"‎ kata Yuddy dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2016).

Selain membuka kembali simulasi Computer Assisted Test (CAT) secara online di www.menpan.go.id, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan melakukan simulasi CAT offline.

 

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, Kementerian PAN-RB kembali kembali menggelar simulasi CAT. Kali ini simulasi digelar di Universitas Padjajaran, kampus Jatinangor yang bertepatan dengan acara Unpad Job Fair.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan metode tes CPNS yang sudah diterapkan secara penuh sejak tahun 2014.

Ia menuturkan, meskipun saat ini pemerintah menerapkan kebijakan moratorium penerimaan CPNS, namun untuk guru, tenaga kesehatan serta ikatan dinas tetap dibuka.

"Dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) untuk calon mahasiswa sekolah ikatan dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka sejak Maret lalu," ujar Herman.

Dengan simulasi offline ini, warga masyarakat, khususnya para pelamar sekolah ikatan dinas yang berada di Bandung dan sekitarnya dapat mencoba simulasi tes CPNS di Unpad. Namun simulasi ini juga terbuka bagi warga masyarakat umum, termasuk mahasiswa Unpad, serta warga masyarakat lainnya yang nantinya berminat mengikuti seleksi CPNS.

Bagi warga masyarakat yang tidak dapat mengikuti simulasi CAT di Unpad, bisa mengikuti simulasi CAT secara online di website www.menpan.go.id sejak pekan lalu. Simulasi CAT ini bisa dikunjungi melalui subdomain website Kementerian PANRB di sc.menpan.go.id.‎(Yas/Ahm)

Artikel Selanjutnya
Waspada Penipuan Penerimaan Siswa untuk Sekolah Kedinasan
Artikel Selanjutnya
‎Siap-siap, Penerimaan Sekolah Dinas Kementerian Bakal Dibuka