Sukses

SMRC: Mayoritas Warga Puas dengan Kondisi Jalan di Tahun Ini

Belum genap dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, publik sudah puas dengan hasil dari pembangunan infrastruktur khususnya jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Belum genap dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, publik sudah puas dengan hasil dari pembangunan infrastruktur, khususnya jalan raya. Kebanyakan warga melihat kondisi jalan raya di Indonesia kini lebih bagus.

Saiful Mujani Research and Consulting melakukan survei terhadap 1.220 rseponden secara acak. Mereka adalah WNI yang punya hak pilih dalam pemilihan umum atau yang sudah berumur 17 tahun atau lebih.

Salah satu subjek dari survei tersebut adalah kepuasan terhadap kondisi jalan raya sekarang dibanding tahun lalu. Dari survei tersebut, 69 persen responden menyatakan kondisi jalan raya di tahun ini lebih baik.

Sementara yang beranggapan lebih buruk hanya 10 persen dari jumlah responden yang disurvei. Yang mengungkapkan sama saja, hanya 19 persen dan tidak tahu hanya 2 persen.

Warga juga puas akan pemenuhan kebutuhan berobat pada tahun ini. Sebanyak 40 persen warga menganggap di tahun ini, memenuhi kebutuhan berobat lebih mudah dibanding tahun lalu.

Sebanyak 28 persen menyatakan semakin berat, sementara 30 persen menyatakan sama saja dan 2 persen tidak memberi tanggapan.

Dalam survei ini, response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 988 atau 81 persen. Sebanyak 988 responden ini yang dianalisis.

Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sekitar  3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara acak sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini