Sukses

Baru Lulus dan Ingin Cepat Dapat Kerja? Ini Caranya

Selain harus bersaing dengan banyak kandidat, lapangan pekerjaan di zaman sekarang ini juga makin sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan yang tepat memang butuh perjuangan. Apalagi bagi Anda yang baru saja lulus kuliah.

Selain harus bersaing dengan banyak kandidat, lapangan pekerjaan di zaman sekarang ini juga makin sedikit. Hal ini juga ditambah dengan orang-orang yang juga makin kompetitif.

Namun hal tersebut bukanlah halangan. Akan selalu ada jalan untuk kesuksesan apabila Anda mau terus berusaha. Melansir laman Time.com, Selasa (19/4/2016) berikut tipsnya:

1. Tonjolkan kemampuan di luar bidang akademik

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman di luar bidang akademik? Jika ya, maka semua pengalaman tersebut bisa jadi nilai plus.

Menonjolkan kemampuan di luar bidang akademis dapat membuktikan bahwa Anda merupakan orang yang aktif semasa kuliah. Tidak hanya kuliah, tapi Anda juga praktik langsung belajar terjun di masyarakat.

2. Sebutkan prestasi paling gemilang

Kalau Anda pernah menjuarai kompetisi atau lomba tertentu, hal itu bisa jadi kelebihan tersendiri. Selain kompetisi, penghargaan seperti beasiswa juga bisa membuat kualifikasi diri Anda lebih menonjol dibandingkan orang lain. Prestasi sekecil apapun itu bisa jadi nilai tambah bagi dirimu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

3. Minta rekomendasi dari orang lain

Sekalipun Anda belum pernah punya pengalaman kerja profesional, tapi pasti pernah terlibat dalam mengerjakan sesuatu.

Sebagai contoh, Anda bisa minta bantuan ketua dari organisasi yang pernah kamu ikuti untuk memberi rekomendasi. Atau Anda juga bisa meminta surat rekomendasi dari dosen pembimbing skripsi.

Surat rekomendasi tersebut akan sangat membantu pewawancara untuk mengetahui karakter dan kepribadian Anda lebih jauh.

4. Tunjukkan kemampuan terbaik sesuai posisi pekerjaan yang ditawarkan

Gali info lebih dalam tentang posisi pekerjaan yang ditawarkan. Lalu tunjukkan kemampuan terbaikmu yang sesuai dengan kebutuhan posisi tersebut.

Mungkin kamu punya banyak kelebihan dan pengalaman. Tapi tak semuanya harus disebutkan atau dituliskan dalam CV dan surat lamaran. Pilah dan pilih yang sekiranya bisa memberi peluang lebih besar dirimu akan dilirik dan jadi kandidat terkuat untuk mendapat pekerjaan tersebut. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini