Sukses

Ingin Punya Kartu Kredit? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Alat bantu pembayaran ini sering dipakai orang untuk berbelaja. Namun ternyata, tidak semua kartu kredit memiliki manfaat yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit kini bukanlah barang yang asing lagi di mata masyarakat Indonesia. Alat bantu pembayaran ini sering dipakai orang untuk berbelanja. Namun ternyata, tidak semua kartu kredit memiliki manfaat yang besar.

Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki kartu kredit, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Nerdwallet.com, Minggu (24/4/2016):

1. Cek kesiapan diri

Apakah Anda merupakan tipe orang yang sulit menahan keinginan berbelanja? Jika ya, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan keinginan untuk memiliki kartu kartu kredit.

Namun apabila hal ini memang diperlukan, Anda dapat mengajukan limit yang rendah saat mengajukan aplikasi kartu kredit.

Setiap kartu kredit memiliki plafon atau jumlah maksimal yang bisa ditagihkan. Bank biasanya tidak akan memberikan kartu kredit dengan plafon yang tinggi untuk mereka yang baru memiliki kartu kredit karena belum membuktikan kemampuan untuk membayar cicilan.

2. Tahu hal dasar tentang kartu kredit

Sebelum mengajukan untuk memiliki kartu kredit, Anda harus mengerti cara kerja kartu kredit. Satu hal paling penting yang perlu diketahui adalah kartu kredit merupakan utang, bukan aset.

Kalau Anda memiliki pengetahuan dasar akan kartu kredit, maka akan memiliki cara yang benar dalam penggunaan kartu kredit.

Beberapa pengetahuan yang penting untuk Anda ketahui adalah mengenai perhitungan bunga kartu kredit. Anda juga dapat mempelajari berbagai tips menggunakan kartu kredit yang benar dan berguna untuk berhemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. Periksa syarat umum memiliki kartu kredit

Ada beberapa syarat umum memiliki kartu kredit yang bisa kamu cek dari syarat dan ketentuan di berbagai perbankan seperti batas umur dan pekerjaan.

Selain itu, salah satu dokumen yang disyaratkan saat mengajukan aplikasi adalah slip gaji untuk karyawan tetap. Pastikan kamu dapat meminta slip gaji dari kantor.

Jika Anda tidak memenuhi syarat umum kartu kredit, jangan khawatir. Anda bisa coba mengajukan kartu kredit tambahan dari anggota keluarga yang memenuhi syarat untuk memiliki kartu kredit sendiri.

4. Bandingkan produk kartu kredit

Anda harus mengerti produk kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu hal penting sebelum mengajukan kartu kredit adalah mencari dulu produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, carilah kartu kredit yang banyak menawarkan diskon dan promo di restoran kalau kamu gemar kuliner di restoran.

Memiliki terlalu banyak kartu kredit hanya akan merugikan Anda. Bisa-bisa Anda malah menjadi lebih boros dan tidak hemat karena tetap harus membayar biaya tahunan untuk kartu kredit. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan