Sukses

Investor Tiongkok Beli Peternakan Seluas Irlandia

Kidman merupakan produsen daging terbesar di Australia dan punya lahan peternakan lebih dari 100 ribu kilometer persegi.

Liputan6.com, London - Investor Tiongkok, Dakang Australia, bersama Australian Rural Capital membeli perusahaan peternakan Kidman dan lahannya yang seluas 77.300 kilometer persegi seharga US$ 288 juta atau sekitar Rp 3,78 triliun (asumsi kurs Rp 13.144 per dolar Amerika Serikat). Luas peternakan itu serupa dengan negara Irlandia.

Dakang menggandeng Australian Rural Capital supaya bisa mengikuti lelang yang diselenggarakan pemerintah setempat. Seperti ditulis CNN Money, Rabu (20/04/2016), pemerintah Australia melarang lahan ini dijual ke pihak asing.

Karena itu, aksi jual-beli ini membutuhkan persetujuan dari Foreign Investment Review Board Australia. Kalau transaksi ini berjalan mulus, Dakang bakal menguasai 80 persen perusahaan itu, sementara sisanya dimiliki Australian Rural Capital.

Kidman merupakan produsen daging terbesar di Negara Kanguru. Ia punya lahan peternakan yang membentang lebih dari 100 ribu kilometer persegi. Saking luasnya, untuk melakukan inspeksi ke seluruh wilayah itu butuh waktu berminggu-minggu.

Alasan pemerintah sana melarang perusahaan asing masuk karena salah satu area Kidman yang dijual, Anna Creek, dekat dengan tempat uji coba senjata negara itu.

Anna Creek telah dikecualikan dari kesepakatan ini sehingga mengurangi jumlah lahan dan meningkatkan kemungkinan transaksi ini bakal disetujui.

Lahan ternak Kidman merupakan rumah bagi sekitar 150 ribu ekor sapi. Para investor berharap bisa meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar internasional. (Elsa A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini