Sukses

3 Cara Agar Tak Kehabisan Uang Saat Pensiun

Banyak pula para pensiunan yang tidak terlalu percaya diri uang pensiunnya dapat membiayai hidup mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Kekhawatiran utama orang saat memikirkan pensiun adalah tidak lagi memiliki pendapatan dan gaya hidup yang berubah. Dana pensiun bisa saja tersedia, tapi jumlahnya pun terbatas dan bias habis dalam sekejap.

Banyak pula para pensiunan, yang tidak terlalu percaya diri uang pensiunnya bisa membiayai hidup mereka. Kalau Anda termasuk di dalam kelompok ini, 3 tips ini patut dicoba seperti ditulis NBC News, Jumat (22/4/2016), :

1. Siapkan diri dengan inflasi

Harga barang dan jasa telah naik berkali-kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Sebagai contoh, di Amerika Serikat kenaikan harga sekitar tiga persen per tahun.

Dari angka itu, Anda perlu memikirkan cara menaikkan pendapatan sekarang sebesar dua kali lipat supaya bisa menjaga standar hidup ketika 20 tahun lagi memasuki pensiun.

2. Tetaplah berinvestasi di saham

Investasi dari saham kemungkinan besar bisa mencapai target inflasi, ketimbang memilih uang tunai atau obligasi. Banyak ahli menyarankan agar sekitar 40 persen investasi dana pensiun Anda berada di pasar saham.

3. Tunda mengambil dana pensiun

Kalau Anda masih bisa bekerja, tundalah mengambil dana pensiun. Dengan menunggu 10 tahun saja, dana pensiun Anda bisa naik dua kali lipat. (Elsa A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.