Sukses

4 Trik Orang Kaya Bersembunyi dari Pajak

Kadang masih banyak oknum nakal yang tidak ingin melakukan hal ini. Termasuk diantaranya adalah orang kaya dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap orang. Namun kadang, masih banyak oknum nakal yang tidak ingin melakukan hal ini. Termasuk diantaranya adalah orang kaya dunia.

Walaupun memiliki harta yang banyak, mereka kadang masih sering nakal dan lalai untuk tidak membayar kewajiban ini.

Melansir laman care2.com, Jumat (22/4/2016) berikut beberapa cara yang biasanya dilakukan orang kaya untuk menghindari pajak:

1. Memasukkan dalam tabungan pensiun

Hal ini biasanya dilakukan orang kaya yang tinggal di Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat biasanya memberikan kemudahan bagi penduduknya. Mereka memberikan tabungan pensiun bebas pajak yang bisa dimanfaatkan sejak usia muda.

Tabungan pensiun bebas pajak inilah yang biasanya dimanfaatkan orang kaya di sana. Alih-alih memanfaatkan tabungan tersebut untuk dana pensiun, mereka malah menabung uang yang mereka miliki agar terhindar dari pungutan pajak.

2. Mencari penghasilan dengan pajak rendah

Selain tabungan pensiun bebas pajak, pemerintah Amerika Serikat juga memberikan kemudahan lain bagi warga negaranya. Pemerintah Amerika Serikat memberlakukan pajak lebih rendah bagi penghasilan yang memiliki bunga rendah.

Contoh penghasilan bunga rendah ini adalah yang berasal dari investasi. Orang kaya juga memanfaatkan kebijakan ini untuk menghindari diri dari jeratan pajak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taruh di Perusahaan Fiktif

3. Menaruh di perusahaan fiktif

Kasus Panama Papers yang baru-baru ini terungkap mengajarkan banyak hal. Salah satunya adalah trik yang dilakukan orang kaya untuk menyembunyikan uangnya.

Salah satu cara yang biasanya mereka pakai untuk menghindari diri dari pajak adalah dengan menyimpan uang mereka di perusahaan fiktif di luar negeri. Dengan begini, mereka pun terhindar dari kejaran pajak.

4. Berdonasi

Selain beberapa cara di atas, cara donasi juga sering mereka lakukan untuk menghindari diri dari kewajiban pajak. Walaupun baik, namun ternyata tidak semua orang kaya mendonasikan uang untuk kebutuhan yang benar-benar penting.

Contohnya saja, ada beberapa orang kaya yang memilih mendonasikan uangnya pada institusi pendidikan besar yang ternyata sudah memiliki pendanaan yang cukup. Akan lebih baik apabila mereka mendonasikan uang mereka untuk sesuatu yang lebih penting. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.