Sukses

Terendam Banjir, Cek Wilayah Jakarta yang Kena Mati Lampu

Hujan deras di Jakarta sejak semalam menyebabkan beberapa daerah tergenang banjir. PLN harus melakukan pengamanan terkait pasokan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) melakukan pemadaman 39 gardu induk akibat banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jakarta.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya‎ Mambang Hertadi mengatakan, hujan deras di Jakarta sejak semalam menyebabkan beberapa daerah tergenang banjir.

Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, PLN memutus aliran listrik dengan memadamkan gardu distribusi. ‎"Hingga pukul 14.32 WIB, ada 39 gardu padam akibat banjir," ujar Mambang di Jakarta, Kamis (21/4/2016).


Dia menjelaskan, ada beberapa kondisi yang mengharuskan PLN memadamkan aliran listrik demi keamanan. Kondisi tersebut antara lain gardu distribusi yang tergenang air, wilayah perumahan pelanggan tergenang air, gardu dan perumahan pelanggan tergenang air dan gardu induk tergenang air.

Menurut Mambang, PLN akan menormalkan listrik kembali apabila instalasi listrik PLN maupun pelanggan sudah benar-benar kering dan siap. Di sisi PLN, gardu akan dibersihkan dan dilakukan revisi terlebih dahulu.

Sedangkan, di sisi pelanggan diminta untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering, jangan sampai air masih menempel.

Dia menambahkan, setelah air surut tidak serta merta listrik akan menyala, perlu waktu untuk memastikan semua hal siap.

"Hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri. Adapun informasi pemadaman, baik akibat banjir, pemeliharaan, ataupun gangguan juga dapat diakses melalui http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/," tutup Mambang.‎(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.