Sukses

4 Tanda Anda Harus Pensiun Kerja

Banyak orang yang sibuk berkutat dengan pekerjaannya di selama bertahun-tahun hingga mereka lupa mempersiapkan diri untuk masa pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki alasannya tersendiri ketika bekerja. Selain mencari penghasilan, mereka juga memanfaatkan pekerjaan tersebut untuk meningkatkan kemampuan yang mereka punya. Namun akan ada masa ketika seorang pegawai harus pensiun.

Banyak orang yang sibuk berkutat dengan pekerjaannya di selama bertahun-tahun hingga mereka lupa mempersiapkan diri untuk masa pensiun. Sebagian dari mereka pun tidak tahu apa yang menjadi tanda-tanda mereka harus pensiun.

Melansir ehow.com, Sabtu (23/4/2016) berikut ulasannya:

1. Gangguan kesehatan

Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan di usia lanjut. Gangguan kesehatan tersebut pun akhirnya dapat mengganggu produktivitas.

Apabila hal ini sudah Anda rasakan, maka mungkin sudah saat yang tepat bagi Anda untuk memikirkan masa pensiun.

2. Rasa bosan

Bosan ketika bekerja merupakan hal yang biasa terjadi. Pekerjaan yang dikerjakan berulang-ulang pasti akan menimbulkan rasa bosan yang besar.

Satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati rasa bosan yang sangat besar adalah dengan beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Terlalu banyak tanggung jawab

Semakin tinggi karir maka semakin banyak pula tanggung jawab yang harus Anda lakukan. Seringkali banyaknya tanggung jawab ini juga menutupi keperluan pribadi Anda yang lain.

Apabila hal ini sudah terjadi, maka lebih baik Anda memikirkan waktu yang tepat untuk pensiun.

4. Menghabiskan waktu terlalu besar

 

Coba tengok kembali waktu yang sudah Anda habiskan selama bekerja. Apakah waktu yang Anda miliki lebih banyak Anda habiskan untuk bekerja dibanding mengurus keluarga? Jika ya, maka hal ini harus Anda pikirkan dengan matang.

Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang mampu memberikan Anda keseimbangan mengurus kerja dan keluarga. Jangan sampai waktu yang Anda miliki hanya habis untuk mengurus urusan kerja semata. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun