Sukses

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Tak Ingin Uang Habis Percuma

Kebiasaan yang sering dilakukan orang adalah menghabiskan uang untuk kebutuhan yang sia-sia.

Liputan6.com, Jakarta - Orang kaya adalah mereka yang mampu mengatur keuangan dengan bijak. Banyak orang yang hanya ingin mendapat kekayaan tanpa tahu bagaimana cara mengaturnya.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan orang tanpa sadar adalah menghabiskan uang untuk kebutuhan yang sia-sia. Alhasil, uang hasil kerja keras mereka pun habis tanpa sisa. Pengalaman seperti ini tentu tidak mau Anda alami.

Lalu hal apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut? Melansir Time, Rabu (27/4/2016) berikut ulasannya:

1. Selalu beli barang baru

Apabila Anda ingin memupuk kekayaan dengan cepat, maka harus menghindari hal ini. Terus menerus membeli barang baru hanya akan menghabiskan uang dengan sia-sia.

Baca Juga

    Dibanding terus menerus membeli barang baru, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang lebih berguna. Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk menabung atau mencicil dana pendidikan anak.

    2. Belanja barang diskon untuk keperluan yang tidak perlu

    Banyak orang yang suka memanfaatkan diskon atau potongan harga ketika berbelanja. Namun Anda juga harus tetap hati-hati. Jangan sampai potongan harga ini malah membuat Anda membeli barang yang tidak perlu. Walaupun diskon, Anda harus tetap mengetahui barang apa saja yang ingin dimiliki.

    3. Selalu bayar dengan kartu kredit

    Walaupun banyak kemudahan yang bisa Anda dapat, selalu membayar dengan kartu kredit hanya akan merugikan diri sendiri. Anda harus mampu memakai kartu kredit dengan bijak. Jangan sampai memakai kartu kredit hingga akhirnya malah terlilit tagihan yang membengkak.

    * Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

    2 dari 2 halaman

    Hal Lain

    4. Tidak memanfaatkan poin dari toko

    Banyak toko yang menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi pelanggan setianya. Keuntungan tersebut seperti diskon di waktu-waktu tertentu atau promo gratis yang dapat Anda miliki. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk memangkas pengeluaran yang seharusnya dilakukan.

    5. Selalu makan di luar

    Berbagai restoran menghadirkan menu makanan dengan rasa yang berbeda-beda. Hal ini tentu dapat menarik keinginan Anda untuk mencoba menu baru yang ditawarkan.

    Namun nyatanya, terus menerus makan di luar hanya akan membuat kondisi keuangan makin menipis. Daripada terus menerus makan di luar, Anda dapat mencoba untuk memasak sendiri makanan yang Anda inginkan. (vna/nrm)

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.