Sukses

Ciptakan SDM Mahir Perbankan, BRI Dirikan Kampus di 7 Kota

Kampus BRI Corporate University ini berdiri pada akhir 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendirikan BRI Corporate University pada akhir 2015. Tujuan pendirian kampus ini sebagai lokasi menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berintegritas dan kompeten di bidang perbankan.

Corporate Secretary PT Bank BRI Hari Siaga Amijarso, mengatakan unit pendidikan ini merupakan wujud peningkatan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kompetensi SDM BRI melalui program pendidikan yang berkualitas dan selaras dengan kebutuhan pengembangan bisnis dalam rangka mendukung sasaran strategis perusahaan.

Saat ini, BRI Corporate University memiliki satu Main Campus yang berlokasi di Jakarta serta tujuh kampus yang berlokasi di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Kampus-kampus tersebut dibangun dengan konsep Digitalize Infrastucture.

Peningkatan komitmen tersebut diimplementasikan dalam program pendidikan yang fokus pada bisnis perusahaan. Program pendidikan tersebut antara lain Micro Banking Academy, Retail and Consumer Banking Academy, Wholesale Banking Academy, IT Operation and Support Academy, Leadership and Human Capital Academy serta Subsidiary Management Academy

"Setiap Akademi bertanggung jawab untuk menyusun dan mengembangkan Learning Program (Syllabus dan Teaching Materials) yang lengkap, selaras, idan berkelanjutan (on going improvement) serta mengikuti tuntutan perkembangan bisnis perusahaan," ujar Hari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Dia menjelaskan, BRI Corporate University memiliki pengajar (Lecturer) tetap dan para praktisi yang kompeten, profesional dan berpengalaman pada masing-masing bidang Akademi. Secara total ada 456 orang yang mendukung operasional BRI Corporate University, yang terdiri dari 239 orang learning designer and lecturer serta 217 orang penyelenggara pendidikan.

"Setiap kampus didukung dengan sarana dan prasarana pendidikan yang modern dan lengkap meliputi kelas, asrama, teknologi pendidikan, sarana olahraga serta sarana pendukung lainnya," dia mengungkapkan.

Pendidikan yang diselenggarakan didominasi pendidikan yang berkaitan dengan Bisnis Mikro sebagaimana fokus bisnis Bank BRI selama ini. Bisnis Mikro sebagai produk unggulan mempunyai Learning Program (Syllabus dan Teaching Materials) yang berkualitas dan terstruktur serta dilengkapi dengan Dummy Bank sebagai sarana praktek dalam pendidikan.

"Makanya, kampus kami sering dijadikan objek kunjungan studi banding (Benchmarking) Lembaga Pendidikan yang berasal dari bank lain, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ungkap dia.

Hari mengatakan, pihaknya optimis, dengan keberadaan BRI Corporate University ini, kualitas SDM yang dimiliki Bank BRI tidak kalah dengan SDM yang berasal dari perusahaan multinasional sekalipun.

"Keberadaan BRI Corporate University juga menjadi salah satu modal bagi kami untuk menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan secara efektif pada tahun ini," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini