Sukses

Hindari 6 Kebiasaan Buruk yang Tak Disenangi Atasan

Bila Anda tidak bisa membuat atasan senang, hindari menunjukkan sikap yang tidak enak dilihat seperti menggerutu.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pekerjaan memiliki atasan yang harus dihormati. Bila Anda tidak bisa membuat mereka senang, setidaknya hindari melakukan hal-hal atau menunjukkan sikap yang tidak enak dilihat seperti menggerutu.

Begitupun bila suatu saat seorang kolega memberi tahu mengenai sikap Anda yang tidak menyenangkan. Akan lebih baik bila Anda tidak langsung marah atau merasa kesal. Karena bila peringatan tersebut terdengar langsung dari atasan, maka pekerjaan bisa terancam.

Sebaiknya menyadari terlebih dahulu sebelum terlambat. Melansir laman money.usnews.com, Jumat (29/4/2016) berikut adalah 6 kebiasaan yang sebaiknya dihindari di kantor.

1. Sering menggerutu

Mungkin Anda pernah merasakan frustasi di tempat kerja dan merupakan hal yang wajar bila menggerutu sesekali. Terkadang terdapat lingkungan kerja yang sangat akrab sehingga Anda bisa mengeluarkan unek-unek tanpa harus merasa malu.

Namun di sinilah kadang seseorang tidak sadar saat mereka mulai menggerutu, orang lain yang mendengarkan juga bisa merasa terganggu. Hal tersebut malah akan membuat reputasi di kantor sebagai orang yang selalu mengeluh. Anda tidak akan pernah tahu apa yang orang pikirkan.

2. Menunjukkan rasa kesal saat diberi pekerjaan

Mau mencoba hal-hal baru merupakan ciri seseorang yang profesional. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda juga akan mengingatkan orang lain mengenai keterampilan Anda dan akan membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

Bila setiap diberi pekerjaan malah menunjukkan kekesalan, maka hal itu hanya akan membuat orang lain tidak lagi percaya. Hal tersebut juga akan menurunkan kredibilitas dan potensi Anda di kantor. Kecuali memang pekerjaan yang diberikan tidak masuk akal, maka Anda bisa menolaknya baik-baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Tubuh

3. Menunjukkan bahas tubuh negatif saat rapat

Bahasa tubuh menunjukkan minat Anda terhadap sesuatu lebih jelas dibandingkan kata-kata. Salah satu bahas tubuh yang dimaksudkan bisa dengan memutar bola mata, tersenyum sinis, atau bersikap tidak betah berada dalam ruangan. Komunikasi non verbal masih merupakan bentuk komunikasi juga.

4. Tidak senang diberi masukan

Mungkin Anda sering bertemu dengan orang yang tidak senang dikritik. Tetapi ada juga mereka yang tidak senang diberi feedback, baik positif apalagi negatif. Pada dasarnya, mereka hanya tidak suka dibicarakan orang lain.

Bila terus menunjukkan sikap ini, maka Anda tidak akan pernah tahu dimana sikap yang harus dirubah. Jelas hal ini akan menghambat pertumbuhan Anda di tempat kerja.

3 dari 3 halaman

Sinis

5. Anda selalu saja bersikap sinis

Sikap sinis yang dilakukan berkali-kali akan sangat terlihat menyebalkan. Selain itu, hal tersebut akan membawa tanggapan negatif dari orang-orang di sekitar. Bila hal tersebut sering dilakukan, orang lain juga akan enggan berbagi bila mereka merasa positif. Suasana di kantor akan berubah menjadi suram.

6. Selalu meminta imbalan

Anda memang bekerja untuk dibayar. Semakin baik pekerjaan yang lakukan, maka kenaikan gaji dan kemajuan karir akan menyusul. Tetapi, bila setiap pekerjaan sekecil apapun selalu harapkan imbalan maka Anda tidak akan nampak tulus. Hal ini tidak baik untuk kemajuan karir. (Shabrina Aulia Rahmah/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.