Sukses

Mengacau di Tempat Kerja? Kendalikan Diri dengan 7 Cara Ini

Saat melakukan kesalahan di kantor, Anda harus tetap mengendalikan diri Anda dan jangan panik.

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan kekacauan di kantor, maka hal tersebut akan mempengaruhi reputasi maupun hubungan dengan kolega ataupun atasan Anda. Tentunya saat hal tersebut terjadi, Anda akan merasa panik. Kekhawatiran dari berbagai arah akan timbul.

Sebagai manusia Anda tidak akan luput dari kesalahan. Anda memang berharap tidak akan pernah melakukan hal yang parah di kantor. Tetapi tidak akan ada yang tahu apakah Anda akan selalu berada di wilayah yang aman seperti sekarang ini atau tidak.

Saat hal tersebut terjadi, mungkin Anda akan merasa sangat ketakutan hingga sulit untuk pulih kembali. Namun selalu ada cara untuk menghadapinya.

Melansir dari money.usnews.com, Selasa (2/5/2016) berikut adalah kiat-kiat untuk mengembalikan kredibilitas Anda:

1. Hadapi masalah tersebut

Saat menghadapi masalah, mungkin membicarakannya menjadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Namun saat Anda berani menghadapinya, hal tersebut akan meninggalkan kesan baik di mata orang lain.

Anda akan nampak seperti orang yang bisa diandalkan. Segera akui apa yang telah terjadi, dan tidak membuat alasan atau bersikap defensif.

2. Bicarakan mengenai hal tersebut

Setelah menghadapi hal tersebut, Anda harus membicarakannya. Garis bawahi apa yang terjadi dan mengapa sampai bisa terjadi. Ingatlah, jangan membuat alasan.

Lebih baik mencari jalan keluar untuk masalah tersebut. Pastikan juga Anda tidak akan mengulang kesalahan tersebut di kemudian hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Keras

3. Bekerja keras

Bila kesalahan yang telah terjadi tidak bisa diperbaiki, maka jangan membuatnya bertambah parah. Segera berhenti melakukan apa yang membuat kesalahan tersebut terjadi, dan lakukan pekerjaan di wilayah lainnya.

Anda bisa melakukan pekerjaan ekstra. Seiring waktu, hal tersebut akan meninggalkan kesan baik untuk Anda.

4. Berkomunikasi

Anda bisa saja bersikap tidak tahu menahu dengan atasan Anda. Saat melakukan kesalahan, wajar bila Anda takut dimarahi. Itulah naluri terburuk yang akan Anda dapatkan dalam situasi ini.

Namun sebaiknya Anda menjaga jalur komunikasi yang terbuka. Bicarakan hal ini dengan atasan Anda demi pekerjaan jangka panjang yang baik.

5. Buktikan Anda bisa diandalkan

Karena satu kesalahan, kemungkinan atasan Anda akan khawatir untuk memberi Anda kepercayaan lagi. Temukan cara untuk melawan pemikiran mereka tersebut.

Misalnya, jika bos Anda khawatir pada kecerobohan Anda, buatlah titik tertentu untuk menunjukkan perhatian detail terhadap klien di kemudian hari.

3 dari 3 halaman

Peningkatan pengawasan

6. Terimalah saat pengawasan pada Anda ditingkatkan

Hal ini sangat normal saat atasan Anda memutuskan untuk meningkatkan pengawasan kepada Anda. Mungkin mereka akan memperhatikan setiap gerak-gerik dan pekerjaan Anda.

Bagaimanapun juga, Anda harus bertanggung jawab pada hal yang telah Anda lakukan. Hal ini bisa menambah tingkat stres Anda selama beberapa waktu ke depan.

7. Jangan panik

Bila melakukan kekacauan, Anda mungkin secara alami akan panik. Tapi sebisa mungkin, penting untuk menguasai mental Anda.

Apalagi terkadang pekerjaan yang memiliki banyak tingkat stres bisa mengundang masalah yang lebih banyak. Oleh karena itu, kendalikan situasi Anda sendiri dengan berusaha untuk tidak panik. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini