Sukses

Pertamina Ekspor Aspal ke Timor Leste

PT Pertamina (Persero) mengekspor 1.645 drum aspal atau setara 100 Metrik Ton (MT) dari Bitumen Plant Gresik ke Timor Leste.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengekspor 1.645 drum aspal atau setara 100 Metrik Ton (MT) dari Bitumen Plant Gresik ke Timor Leste. Ekspor ini merupakan pertama kalinya Indonesia melakukan ekspor aspal hasil karya anak negeri.

Vice President Petrochemical Pertamina Supriyanto DH mengungkapkan, ekspor perdana tersebut dilakukan afiliasi Pertamina di Timor Leste, yaitu Pertamina International Timor, SA (PITSA). Pertamina terus mengejar berbagai kesempatan untuk menjadikan Pertamina sebagai market leader di bidang penyedia aspal.

“Pengiriman perdana ekspor ini merupakan kunci upaya kami untuk menunjukkan bahwa kualitas produk Pertamina layak menjadi unggulan. Bukan saja di dalam negeri, namun juga diakui di luar negeri,” kataSupriyanto, diJakarta, Jumat (29/4/2016).

Pertamina menargetkan dapat menguasai 20 persen pasar aspal Timor Leste sampai akhir 2017.‎ Saat ini Pertamina merupakan pemimpin penyedia aspal di Indonesia. Pertamina memiliki beberapa infrastruktur seperti Kilang Cilacap yang berkapasitas 360.000 MT per tahun dan merupakan satu-satunya kilang yang memproduksi aspal di Indonesia.

"Bisnis aspal di Indonesia terbilang penuh tantangan, terutama dalam hal distribusi yang memerlukan penanganan yang cermat ke seluruh pelosok Indonesia. Apalagi, aspal merupakan bahan dasar yang diperlukan dalam pembangunan jalan, baik jalan besar ataupun jalan kecil yang membuka akses masyarakat di suatu tempat," terang dia.

Pertamina melakukan distribusi aspal melalui kapal, tank car hingga drum untuk pembelian yang lebih kecil.

GM Pertamina Marketing Operation Region V Ageng Giriyono menyatakan, kendati penuh tantangan, Pertamina masih menjadi pemimpin di bisnis aspal. Terbukti untuk wilayah pemasaran produk petrochemical Region V yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT Sulawesi, Maluku dan Papua, market share Pertamina berada di kisaran 56 persen.

Sedangkan dari sisi penjualan, pada 2015 mengalami peningkatan sebesar 27 persen dibandingkan penjualan 2014.

“Hal ini yang mendorong kami untuk melakukan langkah ekspansi tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke luar negeri. Kami juga berharap dengan menyediakan aspal yang berkualitas, kami dapat membantu masyarakat mendapatkan akses jalan, baik pembuatan maupun perbaikan jalan yang layak sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya,” tutupnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • aspal

Video Terkini